Liverpool Juara Piala FA Lewat Drama Adu Pinalti dengan Chelsea

Liverpool juara piala FA

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Liverpool berhasil jadi juara Piala FA setelah menang dramatis lawan Chelsea lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 6-5 di Stadion Wembley, Sabtu (14/5).

Marcos Alonso yang bertindak sebagai eksekutor pertama bisa mengecoh Alisson. Hal yang sama juga dilakukan oleh James Milner yang dengan yakin menaklukkan Edouard Mendy. Skor imbang 1-1.

Cesar Azpilicueta gagal melaksanakan tugasnya karena tembakannya membentur tiang. Sebaliknya, Thiago dengan dingin mengirim bola ke dalam gawang sekaligus membawa Liverpool memimpin 2-1 seusai eksekusi kedua.

Reece James memilih menendang ke tengah dan mengecoh Alisson. Tetapi Roberto Firmino juga bisa menggetarkan gawang Edouard Mendy. Liverpool unggul 3-2.

Ross Barkley yang diturunkan jelang adu penalti melepaskan tendangan keras dan membuat Alisson terkecoh. Liverpool kemudian menjaga keunggulan karena Trent Alexander-Arnold juga bisa menipu Mendy. Skor 4-3 untuk Liverpool.

Jorginho yang jadi eksekutor kelima Chelsea bisa mencetak gol dan menjaga asa Chelsea. Adu penalti lalu berlanjut ke eksekutor tambahan setelah Mendy bisa menggagalkan tembakan Sadio Mane yang jadi eksekutor kelima The Reds. Skor imbang 4-4.

Hakim Ziyech lalu menjalankan tugas sebagai algojo dengan baik meski arah tembakannya terbaca Alisson. Diogo Jota dengan dingin mengirim bola ke pojok kiri gawang. Skor 5-5.

Alisson melakukan penyelamatan luar biasa ketika membendung tembakan Mason Mount yang mengarah ke sisi kiri Alisson. Kemenangan akhirnya jadi milik Liverpool lewat eksekusi Kostas Tsimikas. Liverpool menang 6-5 lewat adu penalti.

Laga Chelsea vs Liverpool berjalan sengit di waktu normal 90 menit. Chelsea dan Liverpool sama-sama punya peluang emas untuk mencetak gol tetapi terbuang oleh ketangguhan masing-masing kiper, Edouard Mendy dan Alisson Becker.

Duel ini juga berlangsung sengit dengan sejumlah pelanggaran keras yang terjadi. Tetapi di waktu normal, hanya ada satu kartu kuning yang keluar yaitu untuk Reece James dari Chelsea.

Memasuki babak perpanjangan waktu, Jurgen Klopp memutuskan menarik Virgil van Dijk dan menurunkan Joel Matip.

Ketika babak perpanjangan waktu memasuki lima menit, Hakim Ziyech jatuh di kotak penalti ketika berduel dengan Ibrahima Konate dan wasit tidak menganggap hal itu sebagai sebuah pelanggaran.

Klopp juga memainkan Roberto Firmino untuk menggantikan Luis Diaz demi mendapat warna baru di lini depan. Namun hingga 120 menit usai, skor imbang tanpa gol tetap bertahan sehingga laga ditentukan lewat adu penalti yang akhirnya dimenangkan Liverpool.

Susunan Pemain

Chelsea (3-4-2-1)

Edouard Mendy; Trevor Chalobah (Cesar Azpilicueta 106), Thiago Silva, Antonio Rudiger; Reece James, Mateo Kovacic (N'Golo Kante 66), Jorginho, Marcos Alonso; Mason Mount, Christian Pulisic (Ruben Loftus-Cheek 106) (Ross Barkley 119); Romelu Lukaku (Hakim Ziyech 85)

Liverpool (4-3-3)

Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold; Ibrahima Konate, Virgil van Dijk (Joel Matip 91), Andy Robertson (Konstantinos Tsimikas 111); Naby Keita (Naby Keita 74), Jordan Henderson, Thiago Alcantara; Mohamed Salah (Diogo Jota 33), Sadio Mane, Luis Diaz (Roberto Firmino 98). (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar