LBP Terharu, ART Telah 37 Tahun Mengabdi Pamit

Menko Marvest, Luhut Binsar saat melepas ART

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, ditinggal asisten rumah tangga (ART) yang sudah 37 tahun bekerja bersama keluarganya. ART yang biasa disapa Mbak Sur itu, menurutnya pamit berhenti kerja karena ingin tinggal di kampung halaman.

"Saya mau berhenti kerja dan istirahat di kampung halaman, Bu,” tulis Luhut menirukan ucapan Mbak Sur ke istrinya, Devi Simatupang. "Mbak Sur kepada istri saya minta izin untuk pensiun menjadi ART di rumah kami," ujarnya lagi, Senin (11/4).

Luhut yang berlatar belakang militer serta punya peran kuat di pemerintahan, ternyata tak bisa menahan haru ditinggal orang yang sudah membantu keluarganya selama lebih dari seperempat abad.

"Kemudian saya terharu karena bagaimana tidak? Sejak saya berpangkat Mayor, Mbak Sur lah yang praktis membantu banyak pekerjaan istri di rumah dari mulai menemani anak-anak bermain sampai memasak makanan favorit kami sekeluarga," tutur Luhut mengisahkan kebersamaan keluarganya dengan Mbak Sur.

Bukan sekadar terharu, Luhut menyatakan Mbak Sur pantas menerima segala rasa hormat dan apresiasi yang lebih dari sebatas materi.

"Terlebih anak-anak yang pernah diasuh oleh Mbak Sur, sampai-sampai anak tertua kami yaitu Uli mencium tangan Mbak Sur yang dulu juga ikut mengasuh nya dengan penuh kasih sayang," imbuhnya.

Janji Luhut Menghajikan Mbak Sur

Apalagi, kata Luhut, saat berdinas di TNI sebagai prajurit dia banyak meninggalkan keluarganya. Saat itulah menurutnya, Mbak Sur punya peran dan tugas yang penting dalam membantu keluarganya. Sebagai bentuk hormat dan apresiasi, Luhut bermaksud memberangkatkan Mbak Sur untuk berhaji.

Sayangnya, ada keadaan yang membuat Mbak Sur belum siap berangkat ke Tanah Suci untuk ibadah haji. "Saya katakan kepada Mbak Sur jika dirinya sudah siap untuk beribadah haji, Mbak Sur boleh hubungi saya," tandas Luhut.

Meski terharu dan berat hati, keluarga Luhut akhirnya melepas Mbak Sur untuk berhenti kerja setelah 37 tahun. Sebuah acara yang disebut sebagai pesta perpisahan pun digelar di rumah Luhut, dihadiri keluarga besarnya.

Dari foto yang diunggah di akun instagram Luhut, terlihat putri pertama Luhut, Paulina Uli Pandjaitan dan suaminya Letjen TNI Maruli Simanjuntak yang menjabat Pangkostrad. Selain istri dan anak-anaknya, tampak juga sejumlah cucu Luhut ikut hadir melepas Mbak Sur.

Penuh keharuan, Luhut pun mengucapkan kata-kata perpisahan kepada Mbak Sur. "Selamat jalan Mbak Sur, saya tidak akan pernah lupa bahwa saya punya utang budi kepada Mbak," tulis Luhut.

"Semoga silaturahmi dan rasa kekeluargaan ini akan terus berlanjut sampai kapanpun. We will miss you," pungkas Luhut. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar