Bupati Anambas Dukung Gerakan Nasional Bangga Indonesia

Bupati Anambas Abdul Haris SH saat mengikuti webinar

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, SH mengikuti webinar Leadership dalam rangka disiminasi laporan Perekonomian hasil penelitian Komoditas/produk/Jenis Usaha (KPJU) unggulan UMKM Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2021 serta sosialisasi digitalisasi pembayaran, di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Provinsi Kepri, Jumat (25/3/2022).

"Kegiatan ini dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Indonesia (BBI) dan Berwisata Indonesia (BWI),"ujar Haris. 

Selain itu ungkap pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Berlambang Ka'bah itu, kegiatan yang ditaja juga untuk melakukan melakukan diseminasi hasil asesmen perekonomian daerah yang disusun setiap triwulan dalam bentuk publikasi yaitu Laporan Perekonomian Provinsi Kepulauan Riau.

"Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepri bersama Pemprov Kepri, yang menyelenggarakan acara Forum Ekonomi Kepri (FEK) sebagai mana hasil yang dirilis oleh BPS," tuturnya.

Lebih jauh Ayah dari Hilmiya Ramadhani menyampaikan, dari data yang dirilis BPS tersebut perekonomian Kepri pada triwulan IV 2021 tumbuh sebesar 5,27% (yoy), lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 2,97% (yoy). Hal ini sejalan dengan perekonomian Nasional juga mengalami perbaikan dari kontraksi 2,07% (yoy) menjadi tumbuh sebesar 3,69% (yoy) di triwulan IV 2021. 

Orang nomor satu di Kepulauan Anambas menambahkan, Pemerintah Daerah KKA saat ini akan berupaya semaksimal mungkin kedepan untuk dapat terus mendorong agar ikut menjadi daerah yang memberikan dapat positif pada perekonomian Anambas khususnya dan Kepri pada umumnya. 

"Salah satunya adalah, saat ini pemerintah daerah melalui DKUMPP sedang menggesa meningkatkan sektor UMKM untuk perekonomian masyarakat,"katanya. 

Bahkan ungkap Suami Heryana itu, dari hasil penelitian KPJU unggulan tersebut diperoleh 10 KPJU Unggulan UMKM lintas sektor di Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari: aneka kerupuk, ikan teri, ikan kerapu, cabai besar, toko kelontong. ayam ras pedaging, toko sembako, kerupuk atom, ikan tongkol, dan warung kopi.

"Dan dari beberapa sektor unggulan tersebut berasal dari Kabupaten Kepulauan Anambas,"ucapnya. 

Haris mengaku Optimism pemulihan ekonomi diperkirakan terus berlanjut seiring vaksinasi yang meluas di Indonesia maupun global. Ekonomi digital menjadi salah satu sektor yang mengalami akselerasi pertumbuhan di masa pandemi. (002)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar