Pemkab Anambas Gandeng Unas Jakarta Tingkatkan SMD dan SDA

Universitas Nasional Jakarta

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) saat ini sedang melakukan penjajakan kerjasama  dengan  Universitas Nasional (UNAS) Jakarta, terkait kerjasama dalam peningkatan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan  Sumber Daya Manusia (SDM)  untuk kebangkitan ekonomi masyarakat di KKA.

Bupati KKA Abdul Haris, SH mengatakan, selain SDM dan SDA penjajakan kerjasama juga masuk dalam masalah sosial.

"Setelah diskusi yang kita lakukan dengan UNAS, kita akan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UNAS dan Pemkab Anambas,"ujar Haris, Selasa (15/3/2022).

Orang nomor satu di Kepulauan Anambas itu mengungkapkan, kegiatan-kegiatan yang ada di Kepulauan Anambas, program-program pemerintah   yang bisa dikerjasamakan akan disesuaikan dengan tridharma perguruan tinggi. 

Lebih jauh ia memaparkan, untuk pembiayaan kegiatan nanti akan sharing anggaran, baik dari pemerintah daerah, dan ada juga pembiayaan yang berasal  dari UNAS.

Suami Heryana itu mencontohkan, misal pengembangan kelompok pembinaan dasar  wisata  (Pokdarwis).

"Dalam Juklak bisnis Podarwis di Kementrian itu harus melakukan 15 pelatihan,, sementara itu yang dilakukan Pemkab melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Anambas hanya lima, masih kurang 10 pelatihan. Nanti 10 pelatihan yang kurang akan dilakukan oleh Unas, sementara untuk pembiayaannya melalui mereka yang akan menjadi sponsor," paparnya. 

Intinya tambah Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Pemkab punya program-program  yang disampaikan ke Unas akan dilakukan penelitian, dan  Unas akan mengajukan proposal penelitiannya.

"Dari mereka pembiayaan hanya boleh yang non infrastruktur, sedangkan kegiatan-kegiatan pisik itu tidak boleh,"tuturnya, seraya mengatakan, ini sifatnya adalah pembinaan contoh seperti pelatihan-pelatihan.

Haris mengaku antusias dengan kegiatan-kegiatan tersebut, dan dampaknya akan meningkatkan ekonomi masyarakat, yakni bagaimana hasil-hasil produksi di Anambas bisa keluar daerah.

"Kedaireka  ini bukan hanya fokus pada pariwisata saja, namun juga dibidang perikanan, kesehatan, kemaritiman dan lainnya. Mereka adalah platform solusi terkini dalam mewujudkan kemudahan sinergi konstribusi  perguruan tinggi dengan komersialisasi industri untuk kemajuan bangsa Indonesia yang sejalan dengan visi Kampus Merdeka Kemendikbud RI," tandasnya. (002)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar