Konvoi Pasukan Rusia Sepanjang 64 Kilometer Kepung Kiev

Konvoi pasukan Rusia

TRANSKEPRI.COM.KIEV- Gambar satelit dari perusahaan Maxar Technologies menunjukkan konvoi militer Rusia sepanjang 64 kilometer, Senin (28/2), mengepung ibu kota Ukraina, Kiev, Senin (28/2). Sebelumnya, Maxar memprediksi konvoi ini hanya memiliki panjang 27 kilometer.

Maxar menuturkan, konvoi militer besar ini membawa kendaraan lapis baja, tank, artileri, dan kendaraan logistik lain, dikutip dari CNN.

Kota Pribyrsk disebut lebih dekat ke perbatasan Ukraina-Belarus dan reaktor nuklir di Chernobyl, dibandingkan ke Kiev.Perusahaan tersebut juga menyampaikan, data dan gambaran satelit yang didapatkan menunjukkan konvoi ini terlihat dari pangkalan udara Antonov (sekitar 17 km dari pusat kota Kiev), hingga wilayah utara Pribyrsk, Ukraina.

Selain itu, Maxar melaporkan gumpalan asap terlihat di beberapa rumah dan bangunan di wilayah Ivankiv, yang mana berada dekat dengan jalan yang ditempati konvoi ini.

Menurut Maxar, beberapa jalan juga mengalami kemacetan akibat dipenuhi kendaraan militer.Meski demikian, masih belum jelas apa yang menyebabkan gumpalan asap tersebut.

Pada Minggu (27/2), Maxar menghitung panjang konvoi di dekat Ivankiv ini mencapai 5,6 kilometer.

Beberapa warga bersiap berperang melawan Rusia, begitu pula para pejabat negara itu, termasuk Presiden Volodymyr Zelensky.Sejak beberapa hari lalu, pasukan Rusia dikabarkan terus bergerak ke arah ibu kota Ukraina. Ledakan dan tembakan kerap terdengar di dekat Kiev menyusul pergerakan militer Rusia ini.

Sementara itu, lebih dari 500 ribu orang mengungsi dari Ukraina akibat invasi Rusia ke negara itu. (tm)

 

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar