Bersama 30 Tokoh Pers Nasional, Taufik Muntasir Terima PCNO di HPN 2022 Kendari

Tokoh pers Batam yang juga merupakan anggota DPRD Batam, Taufik Muntasir

TRANSKEPRI.COM.KENDARI- Tiga Puluh wartawan profesional  dari 13 Provinsi di Indonesia, menerima anugerah Kartu Pers Nomor Satu atau Press Card Number One (PCNO) pada puncak acara HPN (Hari Pers Nasional) 2022. Puncak acara HPN yang berlangsung Rabu, 9 Februari 2022 di halaman Masjid terapung Al Alam, Teluk Kendari,  Sulawesi Tenggara. Acara itu dibuka Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Bogor.

"Kartu Pers Nomor Satu atau Press Card Number One (PCNO), adalah sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Wartawan Profesional dengan Kompetensi dan Integritas Tinggi," kata Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari.

Dari Kepri, terdapat tiga penerima PCNO, masing-masing mantan Ketua PWI Kepri Taufik Muntasir. Saat ini Taufik merupakan anggota DPRD Batam dari Fraksi Partai NasDem.

Kemudian Ramon Damora, juga merupakan mantan Ketua PWI Kepri dan saat ini terhitung merupakan pengurus PWI Pusat. Yang ketiga penerima PCNO dari Kepri yakni, Candra Ibrahim tang saat ini menjabat sebagai Ketua PWI Kepri.

Tidak sembarang wartawan yang bisa mendapatkan kartu Pers nomor satu ini. Hanya wartawan yang memiliki kualifikasi tertentu yang bisa mendapatkannya, lanjut  Atal S Depari.

Tradisi penyerahan penghargaan kartu pers nomor satu itu dilaksanakan pada setiap Hari  Ulang Tahun (HUT) PWI yang bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional.

Hari ini PWI genap berusia 76 tahun. Sedangkan, penganugerahan PCNO ini dimulai pada peringatan  HPN tahun 2010 di Palembang, Sumatera Selatan.

Anugerah kartu Pers nomor satu untuk pertamakalinya, diberikan kepada beberapa orang tokoh utama Pers Nasional. Para tokoh itu di antaranya Rosihan Anwar, Jakob Oetama, Herawati Dyah, Dahlan Iskan, Goenawan Mohamad, Fikri Jufri dan Karni Ilyas. Selanjutnya pada HPN berikutnya, PCNO diserahkan kepada wartawan senior lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. 

Hingga tahun 2021 lalu, sudah lebih 120 PCNO yang dianugerahkan oleh PWI Pusat melalui Panitia Pusat HPN kepada wartawan senior yang memenuhi syarat.

Pada peringatan HPN 2022 PWI Pusat kembali memberikan penghargaan kepada 30 wartawan senior yang dinilai layak menerima. Salah satu syaratnya adalah wartawan senior berusia 60 tahun ke atas, dan telah 25 tahun lebih mengabdikan diri di dunia jurnalistik. 

Kartu Pers Nomor Satu adalah penghargaan PWI Pusat bersama Panitia HPN kepada insan pers yang terus berjuang mengabdi dalam kemajuan dunia pers. 

Seleksi wartawan senior penerima penghargaan dilakukan tim juri yang dibentuk PWI Pusat kemudian diputuskan dalam rapat pleno PWI Pusat. Selain penyerahan anugerah kartu Pers nomor satu kepada wartawan senior, di tahun ini PWI juga memberikan "Anugerah Pers Adinegoro" dan "Anugerah Kebudayaan" kepada pemerintah kabupaten dan kota yang berperan aktif melestarikan budaya.

Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengatakan, anugrah ini sejalan dengan pemikiran Presiden Joko Widodo, yang menganggap budaya sebagai DNA bangsa Indonesia. 

"Panitia HPN 2022 sekarang ini ingin melihat  praktik-praktik budaya yang membangun bangsa Indonesia itu," kata Atal.

30 Penerima PCNO Para wartawan senior yang menerima Press Card Number One tahun 2022 ini adalah:

1. HM Yousri Nur Raja Agam (Jatim), 2. H.Oki Lukito (Jatim), 3. Sjafruddin Pranyata (Kaltim), 4. Intoswan (Kaltim), 5. Charles Siahaan (Kaltim), 6.Ceritanya Rosyad Nurdin (Banten), 7. Mahmud Matanagara (Sulteng), 8. Anwar Sy.Rasuan (Sumsel), 9. HM Muslimin (Bengkulu) 10. Ida Bagus Alit Wiratmaja (Bali), 11. Prabudi Prameswara Said (Sumut), 12. Supandi Kusuma (Sumut), 13. H.Sutrianto (Riau), 14. H Ridar Hendri (Riau), 15. Yanto Budiman Situmeang (Riau), 16. H.Syafriadi (Riau), 17. Kazzaini Ks (Riau), 18. Rusdy Nurdiansyah (Jabar), 19. C.Herry  SL (DKI Jaya), 20. Irmanto (DKI Jaya), 21. Diapari Sibatangkayu (DKI Jaya), 22. Antonius Bramanto (DKI Jaya), 23. Sayid Iskandarsyah (DKI Jaya), 24  Suprapto (PWI Pusat), 25. Gusfen Khairul (Sumbar), 26. Heranov Firdaus (Sumbar), 27.  Zulnadi (Sumbar), 28. Candra Ibrahim (Kepri), 29. Ramon Damora (Kepri), 30. Taufik Muntasir (Kepri).

Itulah penghargaan PCNO yang diserahkan pada HPN 2022 di Kendari, Sultra. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar