Warga Terdampak Kebakaran Pulau Buluh Dapat Bantuan dari Asosiasi Pariwisata

Warga Pulau Buluh Batam, dapat bantuan

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Asosiasi, perkumpulan, perhimpunan pariwisata yang berbasis di Kota Batam memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah kebakaran di Kelurahan Pulau Buluh, Bulang, Jumat (4/2/2022). Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata terjun langsung menyalurkan bantuan sekaligus meninjau lokasi kebakaran.

Ardi mengapresiasi atas inisiasi para pelaku pariwisata Kota Batam yang senantiasa peduli terhadap warga yang terkena musibah kebakaran di Pulau Buluh. 
“Terima kasih kepada asosiasi pariwisata juga Aksi Cepat Tanggap (ACT). Ini adalah bentuk  kepedulian terhadap saudara kita yang terkena musibah sekaligus melaksanakan himbauan Walikota Batam, Muhammad Rudi untuk membantu saudara kita di Pulau Buluh, katanya.”

Dalam kesempatan tersebut, tak lupa Ardi menyerukan untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyebaran Covid-19. 
“Bapak ibu jangan lupa pakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak karena Covid-19 belum berakhir," ucapnya. 

Ketua Panitia Kegiatan Tourism Care, juga sebagai anggota dari Asita Kepri, Hanny, menyebutkan bantuan yang disalurkan tersebut terdiri dari uang tunai berjumlah Rp7.660.000, perlengkapan shalat, Alquran, sajadah, mukena masing-masing 10 pieces, 7 box pakaian layak pakai, 17 box makanan susu dan makanan balita, 12 paket perlengkapan sekolah, sembako, dan 30 paket bingkisan anak-anak

Lanjut Hanny, bantuan tersebut berasal dari asosiasi pariwisata yang berada di Batam, antara lain  Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) DPD Kepri, Perkumpulan Pembawa Acara (Perwara) Kota Batam, Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) Kepri, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kepri, dan masyarakat Kota Batam. 

"Sebelumnya ada juga organisasi pariwisata lain yang sudah datang duluan kesana (Pulau Buluh)seperti IPI (Insan Pariwisata Indonesia) Kepri ," katanya. 

Ia mengucapkan terima kasih kepada Disbudpar Kota Batam yang telah mendukung dan memfasilitasi asosiasi pariwisata pada kegiatan sosial tersebut. 

Camat Bulang, Muhammad Ramadhan Zuhri, menyambut baik kedatangan Kepala Disbudpar Kota Batam bersama  asosiasi pariwisata untuk melihat langsung lokasi kejadian dan memberikan bantuan bagi warga yang tertimpa musibah. 

"Terima kasih atas bantuan yang diberikan, alhamdulillah mulai dari awal kejadian sampai sekarang bantuan mengalir terus," ucapnya. 

Ia melaporkan, terdapat 19 rumah warga yang terbakar, 15 rumah dalam kondisi rusak berat dan 4 rumah rusak sedang. 19 rumah ini dihuni 22 kepala keluarga dengan jumlah  keseluruhan sebanyak 73 jiwa yang terdampak. 

"Alhamdulillah berkat kebersamaan masyarakat Pulau Buluh bersama seluruh elemen, musibah kebakaran ini tidak melebihi 20 rumah. 
“Ini berkat kerjasama baik unsur pimpinan kecamatan, kelurahan, RT, RW, tokoh masyarakat di Kelurahan Pulau Buluh sehingga api bisa dipadamkan," pungkasnya. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar