Valencia Kalahkan Bercelona 2-0

Barceloan kalah atas Valencia

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Barcelona kalah dalam lawatannya ke markas Valencia dalam lanjutan Liga Spanyol. Lionel Messi dkk kalah dengan skor 0-2.

Dalam pertandingan pekan ke-21 Liga Spanyol di Mestalla, Sabtu (26/1/2020) malam WIB, Barcelona kesulitan menciptakan peluang di babak pertama. Di sisi lain, Valencia sempat dapat tendangan penalti tapi eksekusi Maxi Gomez ditepis Marc Andre ter Stegen.

Di babak kedua, Valencia membuka keunggulan lewat gol bunuh diri Jordi Alba. Kendati Barcelona kemudian lebih dominan, Valencia lah yang kemudian menggandakan keunggulan melalui gol Maxi Gomez.

Ini jadi kekalahan keempat Barcelona dari 21 pertandingan di Liga Spanyol. Meski masih di puncak klasemen Liga Spanyol dengan 43 poin, mereka terancam disalip Real Madrid punya jumlah poin sama dan baru akan bertanding melawan Real Valladolid pada Senin (27/1/2020) dini hari WIB.

Sementara itu, tambahan tiga poin dari laga ini mengangkat Valencia ke peringkat kelima. Los Che naik satu tingkat dengan 34 poin dari 21 laga.
Jalannya Pertandingan Valencia vs Barcelona

Laga baru berjalan 10 menit, Valencia mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih usai Gerard Pique menjatuhkan Jose Gaya. Pelanggaran itu juga berbuah kartu kuning untuk Pique.

Namun eksekusi Maxi Gomez tak membuahkan gol. Marc Andre ter Stegen membaca arah bola tendangan Gomez dan menepisnya. Skor masih imbang 0-0.

Gawang Barcelona nyaris bobol pada menit ke-19. Daniel Wass dan Ferran Torres bekerja sama di sisi kanan dan nama yang disebut terakhir mengirim umpan ke kotak penalti.

Bola yang coba dihalau oleh Sergi Roberto membentur kaki Pique dan mengarah ke gawang. Beruntung bagi Barcelona, Ter Stegen dengan sigap menghentikannya.

Barcelona mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Valencia dan Lionel Messi jadi penendang. Meski melewati pagar betis, bola tendangan Messi melambung di atas mistar gawang.

Ter Stegen! Kiper asal Jerman itu lagi-lagi jadi penyelamat Barcelona. Dua penyelamatan beruntun dilakukan oleh Ter Stegen.

Gomez bergerak dari sisi kiri dan melakukan tusukan. Dia melepaskan tembakan ke gawang, memaksa Ter Stegen melakukan penyelamatan. Bola membentur tiang.

Bola muntah dibelokkan Carlos Soler ke Kevin Gameiro yang mencoba menyambar dengan tendangan voli. Namun Ter Stegen bereaksi dengan baik untuk menghalau bola.

Serangan kembali datang dari Valencia. Francis Coquelin melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan bola diblok oleh Ter Stegen. Meski bola sempat lepas, Ter Stegen masih sigap mengamankan bola sebelum disambar oleh Gameiro.

Barcelona dapat tendangan bebas lagi di depan kotak penalti Valencia. Kali ini Messi mengubah arah tendangannya. Namun kiper Valencia, Jaume Domenech, membaca arah bola dengan baik dan mengamankannya. Sampai babak pertama usai, tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Memasuki babak kedua, Barcelona langsung mengambil inisiatif menyerang. Bekerja sama dengan Messi, Ansu Fati masuk ke kotak penalti Valencia dan melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Tapi sepakannya itu melebar dari gawang Valencia.

Valencia kemudian membuka keunggulan pada menit ke-48. Gomez melepaskan tembakan dari sisi kanan kotak penalti. Bola membentur Jordi Alba dan tak bisa diantisipasi oleh Ter Stegen.

Barcelona yang mencoba mencetak gol balasan kemudian memegang kendali permainan. Meski demikian, mereka kesulitan menciptakan peluang.

Messi nyaris saja mendapat kesempatan bagus untuk mencetak gol setelah mendapat bola dari Alba. Namun Gabriel Paulista memblok upaya Messi.

Messi kembali dapat peluang untuk mencetak gol balasan. Kali ini sepakannya tipis saja melebar dari gawang Valencia.

Tendangan bebas untuk Barcelona menyusul pelanggaran Garay kepada Antoine Griezmann di dekat kotak penalti. Messi kembali jadi eksekutor, tapi tendangannya ditepis oleh Domenech.

Barcelona justru kembali kebobolan pada menit ke-77. Valencia menggandakan keunggulan usai memaksimalkan sebuah serangan balik.

Torres jadi motor serangan lewat pergerakannya di siis kanan. Dia kemudian melihat Gomez yang berdiri bebas di sisi kiri kotak penalti Barcelona. Setelah menerima bola, Gomez mengontrolnya sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang. Ter Stegen yang mati langkah tak bisa mengantisipasinya.

Valencia sempat bikin gol ketiga pada menit ke-82. Gabriel menjebol gawang Barcelona lewat tendangan voli meneruskan tendangan sudut dari Soler. Namun wasit menganulir gol tersebut karena menilai ada pelanggaran kepada Busquets.

Barcelona terus berupaya mencari gol balasan. Serangan Barcelona di injury time yang diakhiri tendangan Messi tak membuahkan hasil. Bola ditepis oleh Domenech.(009)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar