Tonga Dilanda Tsunami, Puluhan Kapal Tenggelam

Penampakan Tsunami di Tonga

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Puluhan kapal di Jepang tenggelam akibat tsunami yang terjadi di Tonga. Tsunami akibat letusan gunung berapi bawah laut itu menghantam pantai Pasifik Jepang pada Minggu (16/1) pagi waktu setempat.

Dilansir Japantimes, 14 kapal tenggelam di Prefektur Kochi dan 5 kapal terbalik di Prefektur Tokushima. Sementara itu, tidak ada korban yang dilaporkan akibat kejadian tersebut.

Badan Meteorolog mencatat tsunami 1,2 meter diamati terjadi di kota Amami pada Sabtu (15/1). Sementara itu, tsunami 1,1 meter terjadi di Prefektur Iwate pada Minggu (16/1) pada pukul 02.26 waktu setempat.

Menurut badan tersebut, tsunami kecil kurang dari 1 meter juga diamati di wilayah pantai Pasifik negara itu, dari Hokkaido ke Kyushu dan Okinawa.

Pihak berwenang menghimbau agar penduduk pantai Pasifik Jepang untuk menjauh dari daerah tepi laut sampai peringatan tsunami dicabut.Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana mengatakan setidaknya 210.000 orang di tujuh prefektur, yaitu Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Kochi, Miyazaki dan Kagoshima, diminta untuk menjauh dari pantai.

Pemerintah Jepang juga bergegas memastikan keselamatan warga negara Jepang di Tonga. Menurut situs Kementerian Luar Negeri Jepang, ada 35 warga negara tersebut berada di Tonga per April 2020.

Tsunami Tonga bermula dari gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai yang meletus pertama kali pada Jumat (14/1). Letusan melemparkan gumpalan abu sejauh 20 km ke udara.

Sementara itu, Pasific Tsunami Warning Center melaporkan gelombang tsunami setinggi 0,8 meter (2,7 kaki), diamati dari alat pengukur di Nuku'alofa.Letusan kedua terjadi kedua terjadi pada Sabtu (15/1) pada pukul 17.26 waktu setempat. Badan Meteorologi Australia mencatat gelombang tsunami setinggi 1,2 meter di dekat Nuku'alofa pada pukul 17.30 waktu setempat.

Sejumlah wilayah di sekitar Pasifik pun merilis peringatan tsunami menyusul peristiwa yang terjadi di Tonga. National Weather Service Seattle mengeluarkan peringatan tsunami untuk Pantai Pasifik AS.

Laguna Beach, California, AS, pun menutup semua pantainya. Begitu pula wilayah pantai lain, dermaga, pelabuhan yang mengaktifkan pusat operasi darurat menyusul peringatan tsunami.

Peringatan tsunami pun berlaku di sepanjang garis pantai Jepang. Akibat letusan gunung berapi Tonga, terpantau gelombang tsunami setinggi 1,2 meter menghantam Pulau Amami Oshima, prefektur Kagoshima. Diikuti juga dengan gelombang setinggi 1,1 meter di Pelabuhan Kuju, Prefektur Iwate. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar