Mengapa Gigi Bungsu Baru Tumbuh di Usia Remaja dan Dewasa?

Ilustrasi gigi

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Munculnya gigi bungsu merupakan sebuah hal yang biasa dialami seseorang pada saat beranjak dewasa. Sejumlah orang mengalami kondisi ini dengan mudah, namun yang lainnya harus mengalaminya dengan rasa sakit dan harus operasi.

Banyak orang harus mengalami operasi ini pada usia 20an namun bahkan hingga usia 30an. Mengapa gigi ini biasanya baru muncul di usia remaja dan dewasa?

Dilansir dari Live Science, kondisi ini biasanya tidak muncul pada usia anak-anak karena tidak adanya cukup ruang pada rahang anak. Berdasar artikel penelitian pada Oktober 2021, seiring perkembangan waktu, rahang anak juga mengalami pertumbuhan sehingga terdapat cukup ruang untuk tumbuhnya gigi bungsu.

Pada manusia modern, munculnya masalah pada pertumbuhan gigi bungsu ini disebabkan karena rahang manusia yang semakin kecil. Pada masa lalu, karena makanan manusia lebih keras, manusia memiliki rahang yang lebih keras. Seiring perkembangan waktu, makanan manusia semakin lunak sehingga kondisi rahang pada saat ini berbeda dibanding masa lalu.

Terlambat tumbuhnya gigi bungsu ini juga disebabkan karena pada masa kecil gigi ini tidak dibutuhkan. Tumbuhnya gigi bungsu ini bisa menjadi lebih cepat ketika gigi geraham seseorang tanggal pada usia kecil untuk menutup rongga yang muncul.
Mengapa Gigi Bungsu Perlu Dicabut?
Pada saat ini, gigi bungsu terkadang perlu dicabut karena bisa menyebabkan rasa sakit pada mulut yang terlalu penuh. Bahkan jika rasa sakit tidak muncul, mencabut gigi bungsu ini bisa mencegah masalah yang bisa muncul di masa mendatang seperti infeksi gusi.

Menurut dokter gigi, idealnya gigi bungsu tidak dicaput melebihi usia 27. Hal ini terait risiko komplikasi, seperti cedera pada saraf. Walau begitu, setelah usia ini masih mungkin mencabut gigi bungsu karena sejumlah alasan seperti munculnya rasa sakit.

Sebagian besar manusia memiliki 32 gigi dengan 4 gigi bungsu. Tidak semua orang perlu mencabut gigi bungsu mereka terutama ketika menggunakan behel karena ruang di rahang yang memang cukup.

Seperti diketahui, gigi bungsu muncul di usia remaja dan awal 20-an. Seiring bertambahnya usia, gusi mengalami perubahan sehingga gigi bungsu bakal lebih terbuka. Kondisi ini bisa membuatnya rentan munculnya karang gigi. (mrdk)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar