7 Herbal Penurun Kolesterol, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

kedelai yang bisa membantu menurunkan kolesterol secara ampuh. Foto/Times of India.

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Ada beberapa herbal yang bisa dijadikan obat kolesterol . Seperti bawang putih, jahe hingga kedelai yang terbukti bisa membantu menurunkan kolesterol secara ampuh dan tanpa efek samping.

Meski demikian, ada beberapa herbal yang sudah diteliti, tapi ada juga yang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Apa saja herbal tersebut? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Sehatq, Jumat (10/12/2021).
1. Bawang Putih
Bawang putih bisa membantu menurunkan kolesterol. Meski demikian, mengonsumsi makanan yang mengandung bawang putih, tak lantas akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Masih ada perdebatan di antara para peneliti terkait bawang putih sebagai herbal penurun kolesterol.

2. Kedelai
Kedelai dan produk olahannya seperti tempe dan tahu bisa menurunkan kolesterol jahat. Anda pun bisa menambahkan makanan ini dalam diet sehari-hari. Meski demikian, pastikan cara mengolahnya dengan tepat.

3. Jahe
Penelitian menunjukkan jahe bisa menurunkan kolesterol dan trigliserida. Penelitian lainnya menemukan bahwa jahe bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Anda bisa memotong jahe atau membakarnya dan campur ke dalam segelas air hangat.

4. Daun Artichoke
Daun artichoke bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Ekstrak daun ini terbukti menghambat sintesis kolesterol. Selain itu, daun artichoke juga mengandung cynarine yang menghasilkan ekskresi atau pengeluaran kolesterol.

5. Akar Manis
Akar manis berpotensi menurunkan kolesterol secara alami. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan kolesterol dan gula darah turun. Tanaman ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. Namun, belum banyak penelitian yang dilakukan pada manusia.

6. Biji-Bijian
Flaxseed atau biji-bijian dari bunga flax merupakan obat kolesterol alami. Di mana mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik.

7. Angkak
Angkak mengandung monacolin K, zat ini disebut mirip dengan yang terkandung dalam obat penurun kolesterol, lovastatin. Karenanya, tanaman ini berpotensi menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Sayang, tak semua olahan angkak mengandung cukup monacolin K sehingga efek penurunan kolesterol bisa saja tidak terjadi.

(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar