Jangan Tunggu Rusak, Ini Tips Merawat AC Mobil Biar Kabin Tetap Sejuk

Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat atau mobil, pentingnya melakukan perawatan AC secara berkala. Foto/dok

TRANSKEPRI.COM,JAKARTA - Bagi Anda pemilik kendaraan roda empat atau mobil, penting untuk melakukan perawatan AC secara berkala karena komponen ini sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan berkendara saat macet atau cuaca sedang panas-panasnya.

Sebab AC mobil akan memberikan efek sejuk dan memperbaiki suhu dalam kabin. Namun jangan sampai lupaa bahwa AC mobil juga butuh perawatan.
Begini tips merawat AC mobil supaya tetap optimal dan tidak gampang rusak :

1. Rajin Dibersihkan

Pada sistem AC terdapat komponen penyaring udara untuk menghasilkan hembusan AC yang dingin dan segar. Maka dari itu sistem penyaring udara perlu dibersihkan secara berkala.

Komponen tersebut biasanya berupa kondensor, dryer, evaporator yang umumnya mengalami mampet dan dampaknya membuat hembusan tidak kencang hingga akhirnya mengalami kerusakan.

Untuk perawatan AC, minimal dilakukan selama 6 bulan sekali. Bersihkan secara berkala untuk menyingkirkan debu dan kotoran.

2. Rutin Ganti Filter AC
Filter AC berfungsi menyaring udara kotor yang masuk dalam blower dan evaportor. Apabila ditemukan kondisi filter AC sudah kotor sebaiknya ganti dengan yang baru supaya udara kotor dapat tersaring secara maksimal.
Jika tidak dilakukan penggantian maka evaportor akan tersumbat dan dapat membuatnya menjadi kropos bahkan rusak. Akibatnya hembusan AC mobil akan terasa kecil.

3. Rutin Ganti Oli Kompresor AC

Hal ini dilakukan untuk menjaga komponen kompresor dapat selalu bekerja secara optimal. Pasalnya oli yang tidak dilakukan penggantian akan mengakibatkan komponen kompressor rusak. Dampaknya suara yang dihasilkan oleh kompressor menjadi berisik alias ngorok.

Kendati kondisi AC mobil masih bekerja normal tetap harus dilakukan pembersihan dan perawatan secara berkala. Biasanya pemilik mobil baru melakukan service AC jika sudah rusak sehingga biaya perbaikan jadi mahal. Lebih baik lakukan perawatan secara berkala agar AC tidak cepat mengalami kerusakan.


(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar