5 Penyebab Asam Urat Tinggi Selain Makanan, Salah Satunya Salah Pilih Sepatu

Asam urat tinggi bisa disebabkan karena berbagai hal. Selain makanan, asam urat tinggi bisa dipicu oleh obesitas, kurang olahraga hingga salah pilih sepatu. Foto/JustRunLah.

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Asam urat tinggi bisa disebabkan karena berbagai hal. Selain makanan, asam urat tinggi bisa dipicu oleh obesitas, kurang olahraga hingga salah pilih sepatu yang mungkin tidak diketahui banyak orang.

Asam urat merupakan penyakit sendi yang timbul akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Biasanya, asam urat dipicu oleh mengonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi seperti jeroan, hidangan laut, dan daging merah.

Pada kondisi normal, asam urat dapat larut dalam darah dan dibuang melalui urine. Namun, kadar asam urat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan pada sistem pembuangan sehingga menumpuk di dalam tubuh.

Selain sering mengonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi, masih ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan asam urat tinggi . Berikut ulasannya seperti dilansir dari


1. Obesitas

Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab asam urat tinggi yang jarang disadari. Penumpukan lemak dalam tubuh dapat mengakibatkan turunnya kinerja hormon insulin atau resistensi insulin.

Hormon insulin berfungsi untuk membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. Apabila terjadi resistensi insulin, maka tubuh rentan terkena penyakit diabetes.

Selain dapat menimbulkan diabetes, kondisi ini juga berpengaruh pada asam urat. Resistensi insulin bisa menyebabkan asam urat menjadi tidak terkontrol dengan baik.

2. Kurang Olahraga
Penyebab lain munculnya penyakit asam urat adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Ketika tubuh aktif bergerak, kesehatan sendi dan tulang juga ikut terjaga. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan bagi penderita asam urat agar melakukan olahraga secara rutin.

Selain baik untuk pencegahan, olahraga juga efektif untuk mengurangi timbulnya gejala asam urat. Tak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan aktivitas fisik yang ringan seperti jalan santai di sekitar rumah pada pagi hari.

3. Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab seseorang rentan terkena asam urat tinggi, tak terkecuali di usia muda. Ketika dalam keadaan stress, tubuh akan melepaskan banyak hormon tertentu termasuk hormon kortisol.

Kondisi ini bisa menjadi mengurangi kadar asam pantotenat. Pantotenat sendiri merupakan kandungan vitamin B5 yang salah satu fungsinya adalah untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

4. Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab kadar asam urat mudah melonjak tinggi. Pasalnya, asupan air yang cukup dapat membantu meningkatkan pembuangan asam urat berlebih.

Sebaliknya, apabila seseorang kekurangan cairan dapat membuat sistem pembuangan asam urat melalui urine. Oleh karena itu, dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab kambuhnya asam urat bagi seseorang yang sudah memiliki riwayat penyakit ini.

5. Salah Pilih Sepatu
Pemilihan sepatu yang salah juga bisa menjadi penyebab munculnya asam urat di kaki. Hal tersebut dikarenakan, bentuk sepatu tidak tepat dengan postur jari kaki sehingga memaksa tulang untuk menyesuaikan dengan posisi rongga yang ada.

(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar