Buah Hati Anda Susah Makan? Ini 4 Tips Sederhana untuk Mengatasinya

salah satu masalah yang kerap dihadapi mama muda adalah si buah hati susah makan. / Foto: Instagram

TRANSKEPRI.COM, SURABAYA - Menjadi orang tua yang baru memiliki momongan memang tidak mudah. Kurangnya pengalaman dalam menghadapi anak rewel terkadang membuat panik. Salah satu masalah yang kerap dihadapi mama muda adalah si buah hati susah makan. Tentunya segala cara pun dilakukan agar asupan nutrisi buah hati terpenuhi.

Lantas bagaimana cara mengatasi agar si balita semangat untuk makan? Sherly Lembono, selebgram sekaligus influencer yang kerap membagikan momen bersama buah hatinya di Instagram @jasonmilesgamafu, mengakui bahwa saat ini banyak orang tua yang mengalami masalah anak susah makan. Kata dia, cara mengatasinya tidak selalu efektif diterapkan.
"Padahal sebagai orang tua, tentu sudah menjadi tugas kita untuk memastikan bahwa anak-anak kita terpenuhi nutrisinya. Selain itu, kita juga harus memastikan jadwal makan anak. Namun, terkadang anak kita sering susah untuk disuruh makan," ungkapnya, Jumat, 8 Oktober 2021.

Dengan pengalaman dan pengetahuannya, Sherly pun membagikan empat cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan. Berikut langkah-langkahnya.
1. Ajak dengan Lembut

Cara mengatasi anak usia 2 tahun susah makan nasi yang pertama adalah mengajaknya dengan kelembutan. Memaksa anak Anda untuk makan akan membuatnya menjadi tidak nyaman.

"Anak Anda akan melihat aktivitas makan menjadi sebuah hal yang terpaksa untuk dilakukan. Padahal, makan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi," ungkapnya.

Mengajak makan anak dengan lembut merupakan salah satu cara yang paling efektif. Sedangkan mengajak anak makan dengan cara keras merupakan hal yang tidak efektif.
2. Membuat Makanan Kreasi
Menurut Sherly, dengan menciptakan makanan yang unik, anak akan tertarik untuk memakan makanannya. Hal itu dibuktikan dengan sudah banyaknya orang tua yang mempunyai pengalaman anak usia 2 tahun susah makan dengan menciptakan makanan yang kreatif dan unik.

Namun, lanjut sherly, orang tua harus memastikan ketika membuat makanan juga mengajak si anak untuk membuatnya bersama. Pasalnya, membuat makanan bersama dengan anak tidak hanya akan membantu anak memiliki nafsu makan yang tinggi. Anak juga akan terlatih untuk mendi kreatif dan cerdas.

"Anda bisa membuat nasi goreng dengan sayuran yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai bentuk seperti bintang, hewan atau lainnya," terang mama muda yang kerap berbagi ASI miliknya ke Panti Asuhan ini.
3. Pertimbangkan untuk Memberi Vitamin

Apabila anak memiliki kesulitan untuk makan karena nafsu makannya rendah, maka orang tua bisa mempertimbangkan untuk memberinya vitamin khusus anak yang susah makan. Pemberian vitamin dapat membantu anak memiliki nafsu makan, sehingga anak dapat dengan mudah makan tanpa harus menyuruhnya.

"Banyak apotek yang menjual vitamin untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak. Namun, pastikan bahwa Anda melakukan konsultasi ke dokter anak kepercayaan Anda sebelum memberikan vitamin makanan. Pasalnya, tidak boleh sembarangan memberikan vitamin ke anak-anak," tuturnya.

4. Mengajak Makan sambil Bermain

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan mengajaknya makan sambil bermain. Kata influencer asal Surabaya ini, cara mengatasi anak usia 1 tahun yang susah makan nasi dengan bermain merupakan salah satu cara yang efektif.

Namun, pastikan anak Anda tidak tersedak saat mengunyah makanan. Karena bermain sambil mengunyah di saat makan merupakan hal yang cukup berbahaya dilakukan. "Pada saat Anda mengajak anak Anda makan sambil bermain, pastikan anak Anda mengunyah makanannya dengan sempurna dan menelannya," ujarnya.

"Setelah anda memastikan bahwa anak Anda sudah mengunyahnya dengan benar dan sempurna, ajalah anak Anda untuk kembali bermain. Ulang cara tersebut hingga makanan habis," lanjut Sherly.
Sherly Lembono mengutarakan bahwa sebagai orang tua, memperhatikan kesehatan anak merupakan kewajiban dan tanggung jawab yang harus dilakukan. Apalagi di era ponsel pintar, tentu anak akan lebih banyak memilih bermain dengan gadget dan lupa untuk makan.

"Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mencari cara agar anak mau makan. Mengetahui cara mengatasi anak susah makan usia 2 tahun merupakan langkah yang tepat," tuntasnya.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar