Studi: Negara Berkembang Kena Jebakan Utang Rp5.390 Triliun ke China

Studi AidData mengklaim bahwa Belt and Road Initiative China menyebabkan lusinan negara berpenghasilan rendah hingga menengah terjerat utang miliaran dolar AS. Foto/Ilustrasi

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Sebuah studi baru mengklaim bahwa Belt and Road Initiative (Inisiatif Sabuk dan Jalan) yang diluncurkan China telah menyebabkan lusinan negara berpenghasilan rendah hingga menengah mengakumulasi "utang tersembunyi" dengan nilai sebesar USD385 miliar (sekitar Rp5.390 triliun) ke Beijing.

Dilansir CNBC, Jumat (1/10/2021), studi tersebut dilakukan AidData, laboratorium penelitian pengembangan internasional yang berbasis di Virginia's College of William & Mary, yang menganalisis 13.427 proyek pembangunan China senilai total USD843 miliar (sekitar Rp11.802 triliun) di 165 negara, selama periode 18 tahun hingga akhir 2017.
Selama dua dekade terakhir, China telah mencetak sejumlah rekor pembiayaan kepada negara-negara berkembang untuk mendukung proyek-proyek sektor publik dan swasta. Inisiatif Sabuk dan Jalan adalah inisiatif kebijakan luar negeri utama Presiden Xi Jinping yang diluncurkan pada tahun 2013 untuk berinvestasi di hampir 70 negara dan organisasi internasional. Inisiatif itu telah mendorong China ke dominasi global dalam hal keuangan pembangunan internasional.
Amerika Serikat (AS) disebut-sebut berencana untuk mengembangkan skema serupa di Amerika Selatan. Sedangkan Uni Eropa (UE) mengumumkan pada bulan September lalu bahwa mereka meluncurkan program "Global Gateway" di seluruh dunia. Langkah itu menunjukkan bahwa keduanya berupaya untuk menantang pengaruh keuangan dan geopolitik besar-besaran China di negara-negara berkembang.

Namun, menurut laporan AidData, China saat ini menghabiskan setidaknya dua kali lipat lebih banyak untuk keuangan pembangunan internasional daripada AS dan kekuatan ekonomi utama lainnya, sekitar USD85 miliar (sekitar Rp1.190 triliun) per tahun. Masalahnya, dana ini sering kali dalam bentuk utang, bukan bantuan, dan ketidakseimbangan ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Laporan itu menyebutkan, sejak pengenalan Sabuk dan Jalan, China telah mengeluarkan 31 pinjaman untuk setiap 1 hibah.

Selain itu, pengaturan pembiayaan itu seringkali agak kurang jelas dan kurang informasi rinci, yang menyebabkan keengganan investor dalam beberapa tahun terakhir di beberapa negara berpenghasilan rendah dan menengah, seperti Zambia.

Namun, China telah lama membantah mendorong negara-negara berkembang ke dalam apa yang disebut jebakan utang, yang dapat membuka jalan bagi Beijing untuk menyita aset sebagai jaminan untuk kewajiban utang yang belum dibayar.

Namun, kekhawatiran telah muncul sejak awal inisiasi Sabuk dan Jalan tentang kemungkinan bahwa pinjaman bisa lebih tinggi daripada yang dilaporkan secara resmi di banyak negara berpenghasilan rendah dan menengah. AidData secara kolektif memperkirakan bahwa utang yang tidak dilaporkan bernilai sekitar USD385 miliar atau sekitar Rp5.390 triliun.
"Selama era pra-Sabuk dan Jalan, sebagian besar pinjaman luar negeri China diarahkan kepada peminjam negara (yaitu, lembaga pemerintah pusat)," kata para peneliti. "Namun, transisi besar telah terjadi sejak itu: hampir 70% dari pinjaman luar negeri China sekarang diarahkan ke perusahaan milik negara, bank milik negara, kendaraan tujuan khusus, usaha patungan, dan lembaga sektor swasta."
Utang ini sering tidak muncul di neraca pemerintah negara, tetapi banyak yang dijamin oleh pemerintah mereka, mengaburkan batas antara utang swasta dan publik dan menciptakan tantangan fiskal bagi negara. Jaminan ini bisa eksplisit, atau implisit — dalam tekanan publik atau politik itu bisa memaksa pemerintah untuk menyelamatkan perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan.

Para peneliti menemukan bahwa kewajiban utang negara-negara ini ke China secara signifikan lebih besar daripada perkiraan lembaga penelitian internasional, lembaga pemeringkat kredit, atau organisasi antar pemerintah. Laporan tersebut mengklaim bahwa 42 negara sekarang memiliki eksposur utang publik ke China yang melebihi 10% dari PDB mereka.
"Utang ini secara sistematis tidak dilaporkan ke Sistem Pelaporan Debitur (DRS) Bank Dunia karena, dalam banyak kasus, lembaga pemerintah pusat di negara berpenghasilan rendah dan menengah bukan peminjam utama yang bertanggung jawab untuk pembayaran kembali," kata laporan itu.

"Kami memperkirakan bahwa rata-rata pemerintah tidak melaporkan kewajiban pembayaran aktual dan potensial ke China dengan jumlah yang setara dengan 5,8% dari PDB-nya," tambah laporan tersebut. AidData menilai bahwa pengelolaan utang tersembunyi ini telah menjadi "tantangan besar" bagi banyak negara yang terkena dampak.

"Masalah 'utang tersembunyi' bukanlah tentang pemerintah yang mengetahui bahwa mereka perlu membayar utang yang tidak diungkapkan (dengan nilai moneter yang diketahui) ke China daripada tentang pemerintah yang tidak mengetahui nilai moneter dari utang ke China yang mungkin atau tidak, harus mereka bayar dengan layanan di masa depan," tambah peneliti.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar