OTOMOTIF

Tak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Simpel Kuras Radiator Mobil di Rumah

Radiator merupakan salah satu komponen yang mendukung kinerja mesin agar tetap optimal dan menjaga agar suhu mesin tetap dingin. Foto/dok

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Radiator merupakan salah satu komponen yang mendukung kinerja mesin agar tetap optimal dan menjaga agar suhu tetap dingin. Karena itu penting bagi pemilik mobil untuk merawat radiator dengan mengganti airnya tiap enam bulan sekali atau setelah pemakaian 80.000 kilometer.

Untuk menguras air radiator, Anda tak perlu repot-repot membawanya ke bengkel karena bisa dilakukan langsung di garasi. Dengan menguras radiator sendiri, tentu Anda bisa menghemat pengeluaran untuk service mobil.

Namun sebelum menguras radiator, pastikan Anda sudah menyiapkan air coolant atau air radiator, tang, selang air, dan kain lap. Pastikan kondisi mesin dingin sebelum menguras air radiator.

Berikut cara menguras air radiator dengan cara simpel yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka tangki cadangan radiator dan mencucinya hingga bersih. Pastikan tidak ada lagi kotoran dan lumut yang biasa menempel di dinding tangki.

2. Buka tutup radiator, kemudian lepas selang yang dari mesin ke radiator yang letaknya di sebelah kanan radiator menggunakan tang. Setelah terbuka, sumbat lubang yang ada di radiator dengan kain lap.

3. Selanjutnya, nyalakan mesin dan biarkan air radiator yang ada di mesin terkuras semua. Jika air radiator sudah habis, masukan air bersih menggunakan selang. Lakukan hal ini sekitar lima menit dan pastikan air yang keluar sudah bening.
4. Jika air yang keluar sudah bening, biarkan mesin dalam keadaan hidup dan pasang kembali selang saluran air yang dari mesin ke radiator . Lalu isi radiator dengan coolant hingga penuh dan tutup kembali radiatornya.
5. Kemudian isi tangki cadangan air radiator sesuai dengan levelnya. Biar mesin mobil menyala sekitar 15 menit untuk memastikan bahwa radiator bekerja sempurna.

Demikian cara simpel menguras air radiator sendiri di rumah tanpa perlu membuka keran pembuangan di bawah radiator. Karena seringkali dengan membuka keran pembuangan di bawah bisa membuat air radiator rembes akibat kurang pas memasang bautnya.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar