6 Tips Berhenti Merokok, Ayo Hidup Lebih Sehat!

Terapkan tips berhenti merokok agar hidup Anda lebih sehat. Foto Ilustrasi/Freepik

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Merokok menjadi kebiasaan bagi sejumlah orang sehingga menimbulkan kecanduan. Padahal, tak hanya perokok aktif, merokok juga berbahaya bagi siapa saja yang menghirup asapnya atau disebut perokok pasif.

Semua orang tahu bahwa merokok dapat menimbulkan risiko yang berbahaya. Misalnya penyakit jantung, stroke, masalah kesuburan, dan gangguan pada paru-paru.
Memang tidak mudah untuk berhenti merokok, apalagi rokok sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bagi si pecandu. Melansir laman Halodoc, Rabu (22/9/2021), berikut tips berhenti merokok yang patut diterapkan.

1. Komitmen untuk Berubah

Pikirkan atau bila perlu tuliskan hal apa saja yang bisa Anda peroleh jika tidak merokok. Misalnya kesehatan fisik yang lebih baik, napas yang lebih segar, konsentrasi yang lebih baik, dan lebih banyak uang untuk dibelanjakan untuk hal-hal lain. Dengan demikian, ini bisa memotivasi Anda untuk berkomitmen berhenti merokok.

2. Minta Dukungan dari Teman dan Keluarga

Berhenti merokok bisa lebih mudah bila didukung oleh keluarga dan teman. Kalau Anda tinggal dengan orang yang merokok atau memiliki teman yang merokok, sarankan pada mereka untuk berhenti bersama. Jika anggota rumah merokok, dorong mereka untuk tidak merokok di sekitar Anda atau meninggalkan rokok, asbak, maupun pemantik api di tempat yang tidak Anda lihat.

3. Cari Koping Stres Lain
Bila Anda sering menggunakan rokok untuk mengatasi stres, cari cara lain untuk mengatasinya. Beberapa hal yang bisa dicoba contohnya meditasi dan latihan pernapasan, olahraga teratur, mengurangi alkohol, makan makanan yang seimbang, akupunktur, dan hipnosis.

4. Hindari Pemicu Merokok

Buang semua produk tembakau atau hal-hal yang berhubungan dengan rokok, seperti pemantik api atau asbak. Ini dapat membantu untuk mengurangi gejala penarikan. Identifikasi pula hal-hal apa saja yang memicu keinginan merokok, seperti di pesta atau setelah makan. Cobalah menghindari situasi tersebut jika memungkinkan, atau rencanakan cara untuk melawan pemicu yang sulit dihindari.

5. Bersiaplah Menghadapi Gejala Penarikan

Gejala penarikan bisa berupa sakit kepala, mual, lekas marah, gelisah, mengidam rokok, merasa sengsara, sulit berkonsentrasi, nafsu makan meningkat, dan mengantuk. Minum lebih banyak jus buah segar atau air, makan lebih banyak makanan berserat tinggi, kurangi kafein dan gula tambahan dapat membantu Anda dalam mengatasi gejala penarikan.
6. Jangan Menyerah Jika Kambuh

Banyak orang yang gagal berhenti merokok karena kambuh. Namun, sebaiknya jangan menyerah dan jangan tunda untuk mencoba berhenti lagi. Gunakan kegagalan yang sebelumnya untuk mencari tahu apa yang salah dari prosesnya. Dengan demikian, Anda punya peluang berhasil yang lebih besar pada kesempatan selanjutnya.
(net) 
 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar