4 Tips Mengatasi Kulit Kering dan Berjerawat

Seseorang mengalami kulit kering berjerawat karena beberapa faktor, mulai dari skincare, pubertas, hingga stres. / Foto: ilustrasi/ist

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Hampir setiap orang pernah mengalami masalah jerawat, baik yang memiliki kulit berminyak maupun kombinasi. Namun bagaimana dengan kulit kering ? Apakah akan terbebas dari jerawat karena minimnya minyak di wajahnya.

Namun faktanya, ternyata jerawat juga bisa muncul di kulit kering lho. Penyebab seseorang mengalami kulit kering berjerawat pun dipengaruhi beberapa faktor.

"Mulai dari salah memilih skincare, terlalu banyak menggunakan skincare, pubertas, hingga stres," ujar Beauty Influencer, Amalia Rizky Cesaerini dalam Live Instagram bersama Aysi belum lama ini.
Berikut ini tips untuk mengatasi kulit kering dan berjerawat, di antaranya:

1. Gunakan skincare

Amalia mengatakan, sebenarnya mengatasi masalah kulit kering kering berjerawat itu mudah, karena hanya memerlukan rangkaian skincare basic yang terdiri dari facial cleanser, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen untuk pagi hari.

"Moisturizer penting banget sebagai pondasinya, karena sifatnya melembapkan dan memperbaiki skin barrier. Kalau skin barrier-nya sudah bagus, maka jerawat akan jarang muncul. Jadi, moisturizer dan sunscreen ini nggak boleh dilewatkan," terangnya.

2. Pilihan kandungan skincare
Kemudian, kandungan skincare seperti centella asiatica (cica), mugwort, dan ceramid merupakan ingredients terbaik untuk mengatasi masalah kulit kering berjerawat.
Serta dapat juga menggunakan bahan aktif berupa AHA, BHA, dan retinol untuk mengatasi kulit berjerawat. Namun, untuk pemakaian bahan aktif tersebut harus dikondisikan dengan masalah kulit masing-masing.

"Kalau aku pakai skincare bahan aktif AHA, BHA, Retinol itu dua kali seminggu tapi digunakan secara bergiliran (tidak digabungkan). Kalau pemula, bisa pakai seminggu sekali dulu. Nanti kalau cocok, penggunaannya bisa ditambah sesuai kondisi kulit," tuturnya.

3. Kandungan skincare yang wajib dihindari

Dalam memilih produk skincare untuk kulit kering berjerawat memang susah-susah gampang. Untuk memudahkannya, kamu bisa menghindari skincare yang mengandung Ethanol, SLS (Sodium Lauryl Sulfate), Potassium Hydroxide, Tea Tree Oil, dan Salicylic Acid.

"Kandungan tersebut bisa menyebabkan kulit makin kering," ujarnya.

4. Pola hidup sehat

Mengatasi masalah kulit tidak lepas dari penggunaaan skincare dan juga mengatur pola hidup sehat. Sebaik apapun skincare yang digunakan, tidak akan terlihat efektif dan maksimal jika pola hidupnya tidak sehat.
Jadi, perlu mengubah kebiasaan gaya hidup seperti mengurangi minuman kekinian yang mengandung banyak gula atau boba, kafein, makan-makanan gorengan, pedas, dan berminyak.

"Mau makan dan minum apapun sebenarnya boleh, tapi dibatasi. Misal, minum boba dan kopi, sama makan gorengan sekali seminggu," kata perempuan yang akrab disapa Mearvic ini.
(net) 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar