OTOMOTIF

Tak Perlu Diganti, Begini Cara Perbaiki Kaca Mobil Retak Biar Kembali Mulus

Kaca mobil yang retak halus bisa diperbaiki dengan cara menyuntikan cairan resin ke dalam retakan. Foto/dok

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Ketika memarkir mobil di bawah pohon, adakalanya mobil kita akan kejatuhan buah atau batang pohon kering. Jika hanya sekedar menyebabkan lecet mudah diperbaiki, namun bagaimana jika membuat kaca depan mobil Anda menjadi retak?

Jika mobil Anda masih dalam lindungan asuransi, mengganti kaca depan merupakan pilihan mudah. Namun yang menjadi masalah jika mobil Anda tidak dilindungi asuransi tentu akan mengeluarkan biaya besar untuk mengganti kaca depan mobil.

Namun kalau belum ada dana untuk mengganti kaca depan, Anda tak perlu berkecil hati. Jika sekedar retak rambut bisa diperbaiki dengan menggunakan resin.
Berikut cara memperbaiki kaca depan mobil yang mengalami retak rambut yang dikutip dari halaman Auto2000:

1. Bersihkan Kaca

Langkah pertama dalam memperbaiki kaca yang retak yaitu dengan membersihkannya denan sabun dan air bersih. Pastikan tidak ada kotoran, debu maupun pasir yang menempel pada ruang lingkup kaca yang retak.

Karena kotoran tersebut pastinya akan mengganggu proses pemerataan pada saat menyuntikan cairan khusus kaca (resin) ke dalam retakan

2. Bor Lubang
Ketika kaca sudah dipastikan bersih, buatlah lubang dengan bor ukuran halus, buatlah disepanjang retakan. Lakukan dengan hati-hati saat Anda mengebor bagian yang retak pada kaca.
Bor yang dibuat ini nantinya difungsikan untuk menyuntikan resin ke dalam retakan tersebut.

3. Suntikan Resin

Ini menjadi bagian penting dari perbaikan retakan kaca sehelai rambut yakni menyuntikan cairan resin yang sudah disiapkan. Setelah dilakukan penyuntikan biarkan hingga cairan resin tersebut mengeras.

4. Ratakan Resin

Apabila cairan resin sudah dipastikan mengeras pastinya retakan tersebut akan hilang dan tampak mengecil. Ulangi langkah tersebut sampai retakan kaca tidak terlihat lagi.

Setelah retakan dipastikan hilang, jemur mobil di bawah sinar matahari supaya cepat kering. Ketika resin kering, ratakan dengan silet atau cutter sampai rata lalu lapisi kaca mobil anda dengan kaca film.

(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar