Kalahkan Spanyol, Brazil Raih Emas Sepakbola Olimpiade Tokyo

Timnas Sepakbola Brazil rayakan kemenangan

TRANSKEPRI.COM.TOKYO- Tim nasional Brasil U23 mempertahankan medali emas cabang olahraga sepak bola Olimpiade 2020 Tokyo. Itu setelah mereka mengalahkan Spanyol U23 di final malam ini. Sukses meraih emas beruntun membuat Brasil menyamai rekor Argentina.

Pada pertandingan yang berlangsung di Nissan Stadium yang berakhir beberapa saat lalu, Spanyol menekan di menit awal. Namun, mereka tidak mampu memberikan ancaman serius ke pertahanan Brasil.

Sebaliknya, di menit ke-38, mereka nyaris tertinggal setelah kiper Unai Simon melakukan pelanggaran di kotak penalti. Beruntung bagi Spanyol, Richarlison yang maju sebagai algojo tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangannya melayang di atas mistar gawang.

Tapi keberuntungan mereka tidak berlanjut. Di menit ke-45 + 2′, gawang mereka dijebol Matheus Cunha. Dikepung tiga pemain, Cunha yang baru pulih dari cedera berhasil mengontrol umpan Dani Alves di kotak penalti sebelum melepaskan tembakan keras kaki kanan. Skor 1-0 ini menutup paruh pertama.

Kembali ke lapangan, Spanyol langsung menekan. Namun, lagi-lagi Brasil yang memberikan ancaman pertama. Beruntung bagi Spanyol, kiper Unai Simon mampu menepis tembakan Richarlison yang kemudian mengenai mistar.

Spanyol menyamakan kedudukan di menit ke-61. Umpan silang Carlos Soler diselesaikan Mikel Oyarzabal dengan tembakan voli kaki kiri luar biasa yang membuat kiper Brasil, Santos sama sekali tidak bergerak.

Tembakan keras kaki kiri Bryan Gil nyaris membuat Spanyol berbalik memimpin di menit ke-88. Sayang, bola hanya menghajar mistar gawang. Skor 0-0 pun bertahan hingga 90 menit berakhir dan laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Babak pertama extra time dikuasai Brasil. Berkali-kali mereka memberikan ancaman serius. Namun, Simon tampil luar biasa di bawah mistar gawang. Rafa Mir dimasukkan menggantikan Oyarzabal. Tapi ia belum bisa memberi pengaruh berarti di 15 menit pertama.

Brasil kembali memimpin di menit ke-108 berkat gol pemain pengganti, Malcom yang berhasil meneruskan umpan Antony. Skor 2-1 ini menjadi hasil akhir dan Brasil mempertahankan medali emas yang mereka raih di Rio De Janeiro lima tahun lalu. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar