Potong 42 Hewan, Meski Pandemi Jumlah Qurban di Perumahan Putra Kelana Jaya Batam Meningkat

Ilustrasi: Sapi Qurban

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Warga Perumahan Putra Kelana Jaya (PKJ), Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong Batam, pada Idul Adha 1422 H/2021 ini pantas berbangga, karena partisipasi warganya untuk berqurban tak surut, kendati dalam masa pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, pada Idul Adha tahun ini jumlah hewan yang dipotong untuk Sapi berjumlah 17 ekor dan Kambing 25 ekor yaitu total 42 hewan. Untuk jumlah Sapi sama dengan tahun 2020, sementara Kambing naik dari tahun sebelumnya," ujar Ketua Pelaksana Qurban Perumahan PKJ, Edwin, Selasa (20/07/21).

Kata Edwin, warga muslim di PKJ yang merupakan RW 14 Kelurahan Sadai, berjumlah 590 kepala keluarga (KK). Sehingga dari total 17 Sapi dikalikan 7 orang dan ditambah dengan 25 ekor Kambing, maka total warga yang berpartisipasi dikalkulasikan berjumlah 144 KK atau sama dengan 25 persen dari jumlah kepala keluarga muslim yang ada di PKJ.

"Jadi kalau dikalkulasikan terdapat seperempat atau 25 persen kepala keluarga di perumahan PKJ ini turut berqurban pada tahun ini," ujar Edwin.

Dikatakan Edwin, jika dibandingkan dengan 2019 atau sebelum masa pandemi yang hanya berjumlah 14 Sapi dan 6 ekor Kambing, jumlah hewan qurban di PKJ di masa pandemi ini justru mengalami kenaikan. 

"Justru di masa pandemi dua tahun ini, jumlah hewan qurban di perumahan kami mengalami peningkatan dan Alhamdulillah warga di luar perumahan PKJ juga kebagian kupon daging," pungkas Edwin.

MUI Batam Beri Apresiasi

Menyikapi tingginya minat warga PKJ berqurban, bahkan dikalkulasikan 25 persen dari kepala keluarga yang ada di perumahan tersebut turut berqurban, disambut positif Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam, KH Luqman Rifai.

Dikatakan KH Luqman Rifai, MUI Kota Batam mengapresiasi semangat dan dedikasi kaum muslimin warga PKJ dalam melaksanakan  Ibadah Qurban pada Idul Adha  1442 H ini. Meski di tengah kondisi pandemi yang berdampak secara ekonomi, warga PKJ tetap antusias merelakan  sebagian  hartanya demi menjalankan tuntunan syariat yang mulia ini.

"Alhamdulillah di saat beberapa tempat lain jumlah hewan qurban menurun, justru di PKJ malah meningkat. Semoga ibadah warga PKJ dan ibadah qurban kita semua pada tahun ini diterima di sisi Allah SWT," ujar pria yang juga menjabat Ketua Ikatan Persaudaraan Imam Masjid Kota Batam ini. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar