Rahma Harap Hasilkan Produk Bernilai Jual


TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG-  — Sebagai upaya pemanfaatan sampah ataupun barang bekas menjadi bernilai jual, sekaligus menjadikan Kota Tanjungpinang Bersih Bebas Sampah, masyarakat Kampung Banjar Air Ratu membangun Bank Sampah secara swadaya. 

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, berkesempatan meresmikan Bank Sampah Banjar Berseri di Kampung Banjar Air Ratu Km.15, Kelurahan Air Raja, Sabtu (5/6).

Rahma mengapresiasi kepada masyarakat penggagas Bank Sampah di kelurahan Air Raja sebagai upaya menjadikan Tanjungpinang Bersih Bebas Sampah. 

“Dampak yang dihasilkan sangatlah besar, menjadikan lingkungan tetap bersih, asri dan sampah tidak lagi menjadi musuh tetapi justru membawa manfaat dan bernilai ekonomis”, ucapnya.

Rahma mengapresiasi kepada seluruh pengurus Bank Sampah Banjar Berseri yang membuat suatu langkah yang baik. 

“Bagaimana saat ini kita tidak lagi menganggap sampah sebagai musuh tapi menghadirkan satu dampak positif dan bisa dijadikan tabungan”, tambahnya.

Rahma mengharap agar kegiatan ini bukan hanya seremonial saja tetapi harus berjalan dan mampu menghasilkan kreasi yang dapat mengundang semangat serta motivasi terutama kepada ibu rumah tangga.

 “Mari manfaatkan sampah yang awalnya tidak berguna dan menumpuk di tempat sampah ataupun tempat pembuangan akhir agar bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat dan mempunyai nilai jual, sehingga dapat menjadi salah satu sentral ekonomi”, harapnya.

Sementara itu, Ketua Bank sampah Banjar Berseri, Rais, mengatakan warga mulai menyadari bahwa sampah adalah tanggung jawab bersama.

 “Kita ingin merubah pola pikir masyarakat, bahwa sampah yang selama ini sering menjadi salah satu masalah ternyata bisa menjadi barokah jika kita manfaatkan melalui bank sampah”, tuturnya.

“Jika dikelola dengan baik, sampah bisa menjadi barang yang bernilai ekonomis, untuk membantu perekonomian keluarga. Kami juga meminta dukungan dari Walikota Tanjungpinang untuk kemajuan Bank Sampah Banjar Berseri agar kedepannya dapat lebih maju”, harapnya.

Rais juga menjelaskan jenis sampah yang dapat di tabung, seperti sampah plastik, besi, kertas, kardus, seng, besi, juga barang elektronik yang telah rusak. “Ayo pilah sampah di rumah. Sampah menjadi berkah”, serunya.

Peresmian Bank Sampah ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Tanjungping, yang didampingi oleh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Elvi Arianti S. Pt, M. Si, Sekretaris kecamatan Tanjungping Timur, Jagad Raffany, Lurah Air Raja, Ibnu Roji, A.Md, Tokoh masyarakat, serta seluruh anggota Bank Sampah Banjar Berseri.(r/mad)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar