Sambut Hari Lahir Pancasila, Brimob Polda Kepri Donorkan Darah

Aksi donor darah

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Sambut Hari lahir pancasila, Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu, bersama Kasi Intel Satbrimob Polda Kepri, Iptu Rudi Admiral, dan puluhan personel Sat Brimob Polda Kepri mendonorkan darahnya di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Batam Kota, Senin (31/5/2021) siang.

"Donor darah ini dalam rangka menyambut Hari lahir Pancasila yang jatuh esok hari tanggal 1 Juni 2021 mendatang dan juga sebagai salah satu upaya dalam rangka mengantisipasi kekurangan persediaan stok kantong darah di PMI," Ujar Dansat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol M. Rendra Salipu, Senin(31/05/2021).

Ia menyebut donor darah ini juga sebagai bentuk kepedulian Satbrimob Polda Kepri walaupun ditengah Pandemi Covid-19.

Selain dapat berbagi kantong darah untuk masyarakat yang membutuhkan, Rendra menjelaskan, donor darah juga dapat menjaga kesehatan serta menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama.


“Tujuan kegiatan ini ialah untuk menumbuhkan sikap rasa kepedulian kita kepada sesama untuk kemanusiaan. Ini juga untuk menjaga kesehatan tubuh diri kita dan personel, agar tetap sehat selalu,” paparnya.

Dari pantauan dilapangan, kegiatan donor darah tersebut juga ketat akan prokes Covid-19, seperti menjaga jarak, pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dan memakai masker guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Sebelum melakukan donor darah, setiap calon pendonor mengisi formulir terlebih dahulu. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengecekan tekanan darah (tensi), riwayat penyakit, berat badan, serta kondisi kesehatan calon pendonor. Hanya yang memenuhi persyaratan saja yang bisa menjadi pendonor.

“Dengan adanya pelaksanaan donor darah ini, minimal kita dapat membantu sesama, dan pemerintah daerah (Pemda) khususnya PMI untuk ketersediaan darah di Kota Batam,” tutupnya.(ely)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar