109 TKI dari Malaysia Tiba di Tanjungpinang

TKI dari Malaysia saat Sampai di Tanjungpinang

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG
Sebanyak 109 Tenaga kerja Indonesia (TKI) yang deportasi negara malaysia tiba di pelabuhan Sri Bintan pura Tanjungpinang menggunakan kapal Carter Mitra Indah 99 dari pelabuhan Gudang johor, Kamis (8/4/2021).

Koordinator Pemulangan Kementerian Sosial Direktorat Rehabilitasi Sosial, Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Pitter M Matakena menyampaikan, 109 TKI ini terdiri dari 75 laki-laki dan 34 perempuan.

"Kalau jumlah keseluruhan ada sekitar 110 tetapi realisasinya hanya ada 109 karena ada satu orang yang tidak jadi berangkat," kata Pitter.

Menurut Peter, kepulangan TKI ini dikarenakan terbatasnya daya tampung kapasitas di Detensi Tahanan Imigrasi (DTI) Pekan Nenas dan juga  telah berkahirnya masa tahanan terhadap pekerja migran Indonesia yang ilegal.

"Disana juga sudah membeludak dan klien kami ini pastinya sudah menyelesaikan masa tahanan sebelum di deportasi," jelasnya

Sebelum dipulangkan, para TKI telah dinyatakan sehat dan di bekali test PCR oleh kementrian kesehatan Malasyia, sesampainya di Tanjungpinang dilakukan kembali test PCR oleh Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) sesuai ketentuan prokes di Indonesia.

Pitter juga menurutkan, keseluruh TKI sementara akan di tampung di Rumah perlindungan trauma center (RPTC) kota Tanjungpinang di kilometer 14 menunggu hasil PCR keluar.

“KKP Tanjungpinang melakukan PCR selanjutnya menunggu hasil 4 hingga 5 hari dan mereka dikarantina,” ucapnya.

"Jika hasilnya positif mereka akan di karantina 14 hari dan kalau negatif akan dipulangkan ke daerah masing masing," tambahnya.(san)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar