Ini Sejumlah Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit

Buah Alpukat

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Alpukat merupakan salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi di Indonesia. Tidak mengandung banyak lemak sehat, tapi alpukat juga merupakan sumber vitamin C dan E yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Perawatan kulit akan mudah dilakukan dengan menggunakan alpukat. Lantas, apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan kulit? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline, Selasa (16/3/2021).

1. Menenangkan kulit

Menurut Maya Ivanjesku, kepala ilmuwan di LaFlore Probiotic Skincare, bahwasannya lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan di alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim serta jerawat. Selain itu, nutrisinya dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warnanya.

2. Mencegah kerusakan kulit

Riset pada 2011 menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan akibat sinar matahari. Kerusakan ultraviolet (UV) pada kulit bisa menyebabkan keriput, juga tanda-tanda penuaan lainnya, dan kanker kulit.

Selain itu, riset telah menunjukkan bahwa keduanya vitamin C dan E yang ditemukan dalam alpukat berperan penting membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan matahari serta faktor lingkungan lainnya.

3. Meningkatkan elastisitas kulit

Sebuah penelitian pada 2010 terhadap lebih dari 700 wanita melihat hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak serta zat gizi mikro antioksidan. Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ditemukan dalam alpukat, dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit serta mengurangi munculnya kerutan.

4. Mencegah kulit kering

Alpukat adalah sumber biotin yang bagus, serta bagian dari vitamin B kompleks. Biotin dikenal membantu mencegah kulit kering saat dioleskan. Ini juga dapat membantu mencegah rambut dan kuku rapuh. ***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar