3 Kapal Induk Amerika Lintasi Selat Malaka, KRI Lakukan Pengawalan

Penampakan salah satu kapal induk milik AS

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- TNI AL menegaskan eksistensinya di selat Malaka. Mereka mengawal 3 kapal induk AL Amerika Serikat (US Navy) yang melintas di perairan tersebut.

Tiga kapal perang AS tersebut adalah USS Princeton (CG-59), USS Nimitz (CVN-68) dan USS Sterett (DDG-104). Mereka berada di perairan internasional timur Sumatera. Pergerakan dan aktivitasnya dipantau secara terus-menerus oleh Puskodal Guskamla Koarmada I dan ditindaklanjuti pemantauan oleh KRI yang sedang melaksanakan operasi di Selat Malaka.

Unsur KRI tersebut antara lain KRI Todak-631, KRI Halasan-630, KRI Krait-827, KRI Pari-849 dan KRI Sikuda-863, serta Pesawat Udara Patmar Cassa P-8203 saat melintas di sepanjang Selat Malaka.

Sekitar pukul 08.45 WIB tanggal 5 Februari 2021, kapal AS itu terpantau melintas di Perairan Tanjung Medang Pulau Rupat. Rupanya, Konvoi Kapal Perang AS itu sedang melaksanakan Hak Lintas Transit di Selat Malaka.

“Kehadiran KRI di perairan yurisdiksi nasional pada setiap sektor operasinya adalah kegiatan yang secara terus menerus dilaksanakan oleh TNI AL. Khususnya di wilayah kerja Koarmada I ini sebagai bukti dalam mengamankan kepentingan nasional, menegakkan hukum dan kedaulatan RI," demikian disampaikan Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/2).

Kapal dari TNI AL terus memonitor pergerakan mereka saat mereka berlayar di Selat Malaka tersebut. Pada akhir pelaksanaan Passing dengan Konvoi Kapal Perang AS, Kapal Perang TNI AL memberi pesan “BON Voyage” melalui flashlight, sebagai bentuk diplomasi Angkatan Laut saat konvoi kapal tersebut berada di perairan yurisdiksi nasional Indonesia.

Sementara itu, Danguskamla Koarmada I Laksma TNI Yayan Sofiyan, memantau langsung setiap dinamika daerah operasi wilayah kerja Koarmada I dari Kapal Markas Guskamla Koarmada I KRI Halasan-630 dari perairan Tanjung Balai Asahan Selat Malaka.***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar