Donald Trump Pecat Menteri Pertahanan

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Presiden Amerika Serikat Donald Trump memecat Menteri Pertahanan Mark Esper. Trump menunjuk Direktur Pusat Penanggulangan Terorisme Nasional, Christopher Miller sebagai pengganti Esper.

"Mark Esper telah dihentikan. Saya ingin berterima kasih atas jasanya," tulis Trump lewat akun twitternya, dikutip Selasa (10/11).

Trump mengatakan penunjukan Miller untuk menggantikan posisi Esper sudah dikonfirmasi oleh Senat. Menurutnya, Miller akan melakukan pekerjaan hebat.

"Dengan senang hati saya mengumumkan bahwa Christopher C. Miller, Direktur Pusat Penanggulangan Terorisme Nasional yang sangat dihormati (dengan suara bulat dikonfirmasi oleh Senat), akan menjadi Penjabat Menteri Pertahanan, berlaku segera," kata Trump.

Dikutip dari CNN, hubungan Esper yang semakin tegang dengan Trump membuatnya menyiapkan surat pengunduran diri beberapa minggu lalu. Ester memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Trump sejak beberapa bulan ke belakang.

Sementara itu dilansir dari AFP, Esper merupaka kepala Pentagon keempat Trump dalam empat tahun terakhir. Ia dipecat setelah 16 bulan mencoba untuk tetap menunduk secara politik ketika dirinya tengah mencoba reformasi mendasar pada birokrasi Pentagon besar-besaran dan berusaha untuk membentuk kembali postur pertahanan AS di seluruh dunia untuk fokus pada ancaman China.

Keretakan semakin dalam, setelah Esper mengatakan pada bulan Juni bahwa dirinya tak mendukung penggunaan pasukan tugas aktif untuk memadamkan protes berskala besar di seluruh Amerika Serikat yang dipicu oleh kematian George Floyd di tangan polisi. Dia juga mengatakan pasukan militer digunakan dalam penegakan hukum hanya sebagai upaya terakhir.

Tetapi Trump marah ketika Esper menolak tekanan untuk mengerahkan pasukan federal meredam kerusuhan sipil, dan juga memperlambat keinginan Trump untuk penarikan penuh pasukan AS dari Afghanistan dengan cepat, sementara kekerasan berlanjut di negara itu.

Sementara itu, Miller berkarir sebagai tentara selama 31 tahun. Ia pernah tempatkan di Afghanistan pada 2001 dan Irak pada 2003 dengan pasukan khusus. Setelah pensiun, ia menjadi konsultan operasi klandestin dan intelijen pemerintah.

Miller lantas diangkat menjadi direktur Pusat Penanggulangan Terorisme Nasional pada Agustus 2020 lalu. (tm)Pada 2018-2019 dia adalah penasihat Gedung Putih untuk kontraterorisme dan ancaman transnasional. Kemudian Miller diangkat menjadi wakil asisten menteri pertahanan untuk operasi khusus pada 2019.


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar