NATUNA

Penyebaran Guru Belum Merata, Disdik Natuna Rencanakan Rotasi

Kadisdik Natuna Suherman

 

TRANSKEPRI.COM.NATUNA -  Kabupaten Natuna sudah memiliki keberadaan guru yang cukup, bahkan berlebih. Hanya saja penyebarannya di setiap sekolah yang belum merata.

Demikian  disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Suherman di Kantor DPRD Natuna, Rabu (5/8).

Ia berkata, berdasarkan jumlah guru dan sekolah yang ada di Kabupaten Natuna dapat dipastikan jumlah guru sudah cukup dan bahkan berlebih.

"Cuma belum merata karena banyak guru yang numpuk di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten. Bahkan ada guru yang tidak mimiliki jadwal dan kelas mengajar di beberapa sekolah karena jumlah gurunya berlebih," kata Suherman.

Di lain sisi, sekolah yang berada di pulau-pulau atau di luar ibu kota Kabupaten rata-rata mengalami kekurangan guru.

"Sementara di pulau-pulau kita kasihan liat murid dan guru-gurunya. Bahkan ada yang satu sekolah hanya memiliki guru cuma tiga orang. Ini seyogyanya tidak boleh terjadi," tegasnya.

Dengan begitu, ia dengan tegas berjanji akan melakukan pemerataan terhadap sebaran guru baik yang ada di kota kabupaten, kecamatan, desa-desa hingga sekolah-sekolah yang berada di hinterland (pelosok).

"Makanya kami mohon izin kepada dewan, tahun ini kami akan melakukan rotasi guru secara besar-besaran. Ini akan kami lakukan tanpa tendensi politik apapun demi kemajuan pendidikan kita," tutupnya.

Rencana itu mendapatkan dukungan dari ketua dan anggota DPRD Natuna. Mereka sepakat mengakui kondisi kekuranh dan kelebihan guru di sekolah-sekolah terntentu. 

"Keluhan atas kekurangan guru sering juga kami terima dari masyarakat. Maka bagi kami rotasi ini adalah langkah yang bagus untuk kemajuan pendidikan dan ini harus dilaksanakan. Secara politis, kami di dewan sangat mendukungnya. Mudah-mudahan tidak ada lagi sekolah yang kekurangan dan kelebihan guru," tuntasnya. (005)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar