BATAM DOLOE DAN KINI (20)

Kiprah Perusahaan McDermott di Batam

Kawasan Batuampar

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Kepala Pos Pemeriksaan Imigrasi Batuampar Bahri Arifin, kedua dari kiri, bersama sejumlah staf dan pegawai karantina, berfoto di depan yard PT McDermott Indonesia, tahun 1978. Pada masa ini, PT McDermott yang awalnya bernama PT Inggram, telah berkembang menjadi perusahaan asing terbesar di Batam yang menyerap ribuan tenaga kerja. Perusahaan subsidiari J. Ray McDermott Amerika itu telah menancapkan kuku di Pulau Batam sejak era awal Kepala PN Pertamina Ibnu Sutowo menakhodai Otorita Batam.

Bersama dengan perusahaan macam PT Persero Batam, PT Esqarada, PT Patra Vickers, PT PBN, dll, PT McDermott membuka aktivitas usaha pasca pemerintah pusat menetapkan Pelabuhan Batuampar menjadi entrepot partikelir yg memiliki status khusus. Kehadiran perusahaan-perysahaan asing dan dalam negeri itu tak ayal "memaksa" Jodoh bertumbuh menjadi kantong pemukiman padat yang dalam perkembangan lanjutannya, bersinar melampaui kampung-kampung pendahulunya seperti Duriankang bahkan Belakangpadang.

Masa kini, Batuampar sendiri terus bertransformasi menjadi salah satu industrial zone terkemuka di Batam, meski dalam historical record-nya beberapa kali limbung dihantam krisis moneter, global crisis, penurunan harga minyak dan kini yang terbaru pandemi Covid-19.

Sebab kerap diuji...maka ia kuat menegakkan diri...(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar