KEPULAUAN RIAU

New Normal, Pemerintah Diminta Stimulus UMKM

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kepri, Lis Darmansyah

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG - Ketua Fraksi PDIP di DPRD Provinsi Kepulauan Riau, H Lis Darmansyah mendorong Pemda membantu pelaku usaha dan UMKM di tengah penerapan New Normal atau tatanan kehidupan baru.

Anggota Komisi III DPRD Kepri ini berusaha mendorong pemerintah agar memberikan stimulus ekonomi untuk nasabah atau anggaran yang tersedia dapat diproses untuk pinjaman modal untuk pelaku usaha atau UMKM. 

Menurut dia, bisa saja pemerintah mengambil langkah pengalihan penggunaan anggaran BLT untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) untuk kembali bangkit di era kenormalan baru atau new normal seperti saat ini.

"Pemda bisa memberikan pinjaman 5 juta saja kepada pelaku usaha melalui mekanisme perbankan milik daerah atau kredit ultramikro hanya Rp 5 juta,"katanya.

Dia mengatakan, pelaku UMKM adalah pihak yang paling terpukul akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Lisdarmansyah mendorong pemerintah dapat mengucurkan stimulus yang bervariasi bagi pelaku UMKM.

Ia berharap kebijakan itu jika diterapkan akan sangat membantu pelaku UMKM meneruskan usaha mereka. Sebab, pelaku UMKM bisa memanfaatkan dana itu sebagai sumber modal. 

"Alhamdulillah disituasi pandemi dan new normal saat ini, hampir seluruh elemen masyarakat bahkan lembaga bersinergi memberikan bantuan pangan, moril dan materil disamping itu kita juga harus melakukan perbaikan stagnannya ekonomi selama pandemi,"ujar lis.

Dijelaskan Lis, bahwa peralihan fungsi anggaran saat ini terletak pada kepala pemerintahan dan hanya melaporkan setiap item program kegiatan kepada DPRD tanpa harus menunggu persetujuan pusat. (mad) 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar