Rudi Bertekad Kembali Pulihkan Pariwisata Batam

Kawasan Coastarina, salah satu destinasi pariwisata di Batam

TRANSKEPRI.COM.BATAM - Untuk memajukan kembali dunia pariwisata Kota Batam, walikota Batam Muhammad Rudi menginstruksikan agar mempercantik lingkungan masing-masing. Seperti meghijaukan kembali dengan menanam pohon dilingkungan masing-masing.

"Saya ingin Batam kembali hijau, mari kita hijaukan Batam dengan menanam pohon dilingkungan kita maaing-masing seperti di fasilitas umum, perkarangan rumah, sekolah dan lain sebagainya," kata Rudi, Jumat (29/5/2020).

Rudi mengatakan, seandainya pariwisata Batam kembali lagi bergairah maka perekonomian akan maju dan ini akan berimbas dengan kehidupan warga Batam. Contohnya, seorang wisatawan membawa uang Rp5 juta dan belanja di Batam maka perekonomian akan berjalan terus.

Kata dia, sebagian besar Pendapatan Asli Daerah (PAD) bersumber dari sektor pariwisata, seperti pajak hotel, restoran, hiburan dan sebagainya. Untuk itu, ia konsen kembali menggairahkan pariwisata di daerah ini.

"Dampak dari Covid-19 sangat berpengaruh dengan PAD kita, sekarang pariwisata kita sedang mengalami ketepurukan, mari kita mulai bernenah diri dan nanti tanggal 15 Juni mendatang semua aktivitas kita buka lagi, tapi ingat tetap ikuti protokol kesehatan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, pihaknya dalam mendukung upaya Wali Kota ini sudah berkoordinasi dengan pelaku pariwisata di daerah ini.

“Kita sosialisasikan protokol kesehatan, dan meminta kesanggupan dari pelaku pariwisata, karena sesuai instruksi pak wali, nanti tanggal 15 Juni sudah buka semua,” ujarnya.

Ia berharap, dengan kebijakan orang nomor satu di Batam itu, pariwisata di kota ini kembali bangkit dan mampu menyumbang pendapatan bagi Batam.

“Semua pelaku pariwisata merespons baik. Kita siap bangkitkan lagi pariwisata,” kata mantan Kabag Humas Setdako Batam itu.(bayu)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar