Saudi Belum Beri Kepastian Pelaksanaan Haji Tahun 2020


TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Indonesia dan Arab Saudi terus menjalin komunikasi terkait pelaksanaan haji tahun 2020. Namun,  belum ada kepastian dari Kerajaan Arab Saudi. 

Pelaksanaan haji tahun 2020 belum jelas. Kerajaan Arab Saudi belum juga memberikan kabar pasti apakah akan tetap menyelenggarakan haji di tengah pandemi covid-19 atau tidak. 

Semula Kementerian Agama menyatakan Arab Saudi akan memberikan kabar pada tanggal 19 Ramadan atau 12 Mei lalu. Belakangan mundur pada hari ini. Namun kemarin Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud menjalin komunikasi dan kepastin haji bakal diputuskan sebelum 1 Juni. 

Ketidakjelasan nasib para jemaah haji tahun ini bermula dari pandemi virus corona pada awal tahun ini. Pada 27 Februari lalu, secara mendadak Saudi menghentikan pelayanan umrah.

Keputusan besar itu dibuat menyusul lonjakan kasus virus corona di Saudi dan beberapa negara Timur Tengah. Umrah dihentikan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Setelah kabar itu, spekulasi pembatalan ibadah haji tahun ini muncul. Beredar kabar Saudi akan menutup umrah hingga akhir tahun, namun belum ada informasi resmi mengenai hal tersebut.(007)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar