ANTISIPASI VIRUS CORONA

Sejumlah Pelabuhan di Riau Tutup, Banyak TKI Terlantar

Rapat Koordinasi di Gedung Nasional Karimun

TRANSKEPRI.COM.KARIMUN- Kebijakan Gubernur Riau menutup sejumlah pelabuhan di Provinsi Riau bukan saja membuat belasan ribu TKI asal Malaysia yang pulang ke tanah air terlantar tapi juga membuat Kabupaten Kota kelimpungan.

Agar masalah ini tak berlarut-larut Pemerintah Daerah tiga Kabupaten pemilik pelabuhan yakni Kabupaten Karimun, Bengkalis dan Meranti yang notabene warganya banyak menjadi TKI di Malaysia menggelar rapat koordinasi (Rakor). Rakor penyelamatan TKI yang sebagian besar masyarakat Riau itu dipusatkan di Gedung Nasional Karimun, Rabu (1/4/2020).

Pemkab Karimun, seperti diakui Sekda Karimun Muhd. Firmansyah terpaksa harus mengurus dengan menginapkan para penumpang asal Malaysia itu dihotel selama semalam sebelum mereka pulang kedaerah asal.

"Kami hanya berharap kejadian yang tidak diinginkan itu tidak terjadi lagi, jujur saja.....,warga Karimun sangat Open menerima para TKI asal Malaysia ini namun karena keterbatasan daya tampung, petugas serta sumberdaya terpaksa Pelabuhan kami buka hingga pukul 9.00 Wib," ujar Sekda Karimun.

Akhirnya setelah melakukan diskusi dan mempertimbangkan berbagai hal, Pemerintah 3 Kabupaten di Riau dan 1 Kabupaten di Kepri ini mengusulkan kepada Gubernur Riau H. Syamsuar, untuk membuka kembali Pelabuhan yang ada di Selatpanjang, Bengkalis dan Dumai.

Artinya nasib pemulangan TKI asal Malaysia yang sebagian besar adalah warga Riau sendiri berada ditangan Gubernur Riau H. Syamsuar. Apakah bersedia membuka kembali pelabuhan agar para TKI bisa kembali kedaerah asal atau tetap kekeh menutup pelabuhan dan membiarkan ribuan TKI ini terkatung-katung dinegeri jiran.

Pemkab. Meranti dalam usulan opsinya kepada Gubernur Riau H. Syamsuar, seperti disampaikan Kadis Perhubungan Meranti Dr. Aready, berharap jalur dari Pelabuhan Internasional Malaysia (Batu Pahat.red) langsung menuju Selatpanjang dibuka kembali, agar tidak terjadi penumpukan di Pelabuhan Karimun, hal ini untuk memudahkan Pemkab. Meranti melakukan pendataan dan mengurus para TKI yang kini terpencar-pencar turun di Pelabuhan Tj. Samak, Sungai Tohor, Topang dan lainnya.

Selain itu juga untuk mengantisipasi kelelahan fisik para TKI agar tidak terlalu lama dijalan, karena kelelahan fisik akan memudahkan para TKI terinveksi Virus Covid-19.

Keputusan dari 3 Kabupaten ini juga didukung oleh Tim Gugus Tugas Karimun seperti Kodim Karimun, KSOP, serta Pengusaha Angkutan Transportasi laut yang turut hadir dalam Rakor tersebut. Bahkan KSOP seteat mengaku siap mengkondisikan kapal dari Pelabuhan Kukup Batu Pahat sebanyak 3 Trip menuju Karimun hingga pukul 9.00 Wib.

"Kami juga akan menyediakan kapal khusus untuk para TKI asal Malaysia agar tidak bercampur dengan penupang lokal," ujar KSOP. (bom).


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar