Anambas Masuki Usia ke-16, Ini Deretan Kepala Daerah dari Pj Hingga Defenitif

Bupati Anambas, Abdul Haris, SH, MM. (ist)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Guys, terbyata sejak dimekarkan  menjadi daerah otonom baru pada  24 Juni tahun 2008 silam,  Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) telah memiliki sederet Kepala Daerah.

Uniknya orang pertama yang memimpin Kabupaten termuda di Provinsi Kepri adalah Drs. Tengku Mukhtaruddin. Pria asal Rengat Provinsi Riau tersebut terbilang memiliki sejarah yang cukup mentereng, mengingat beliau menjadi Penjabat  (Pj) Bupati pertama dan Bupati Definitif perdana didaerah ini.  

Drs Tengku Mukhtaruddin. (ist)

Namun yang paling kelam adalah   Drs. Yusrizal. Pj Bupati pengganti  Drs.T Mukhtaruddin yang mundur karena maju di Pilkada pertama, harus kehilangan Istri tercinta yang meninggal karena kapal yang ditumpangi  tenggelam dalam satu agenda ke Kecamatan Jemaja kala itu.

Kejadian luar biasa yang menjadi bencana  daerah kala itu, sangat hangat hingga ke nasional, dan menjadi sebuah sejarah yang tak terlupakan demi  pergelaran Pilkada Perdana di beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Drs Yusrizal. (ist)

Setelah pahit manisnya proses Pilkada akhirnya tertasbihlah Drs, T. Mukhtarudin-Abdul Haris, SH menjadi Bupati dan Wakil Bupati definitif di Kabupaten Kepulauan Anambas Priode pertama 2010-2015.

Bayangkan saja pada Pilkada pertama itu terdapat lima pasang calon kepala daerah dan calon Wakil Kepala Daerah yang bertarung, saat itu memang Pilkada perdana itu terasa sangat hangat dimana prosesnya cukup panjang hingga ke Mahkamah Konstitusi (MK).

EKO Sumbaryadi. (ist)

Apabila di flashback kembali lima calon tersebut antara lain yakni Ibnu Maja- H. Nur Adnan Nala, Wan Zuhendra-Irwan Jamaludin, Tengku  Mukhtaruddin-Abdul Haris, SH , Ir. Herdi Usman Noorsetiawan dan terakhir Pasangan Prof M Zein-Syamsuki Sukur.

Setelah memimpin selama satu Priode, Tengku Mukhtaruddin tidak maju kembali, mantan Asisten III Provinsi Kepri itu mempersilahkan putra terbaik Anambas Abdul Haris, SH maju di Pilkada dengan berpasangan Wan Zuhendra. Yang bertarung melawan Azhar-Andik. Dan akhirnya terpilih lah Abdul Haris, SH-Wan Zuhendra (Bermadah Jilid I).

Kemudian pada periode 2019 -2025 kembali Pemilihan Kepala Daerah Anambas juga hangat, dan menarik mengingat saat itu, hadir calon yang maju melalui jalur independent,  serta dua Paslon yang maju melalui jalur partai, paslon yang maju tersebut yakni Yusrizal-Faturahman, Abdul Haris, SH-Wan Zuhendra dan Ir. Fachrizal-Johari, SH. Namun saat itu prosesnya tidak terlalu rumit dan petahana kembali menang  dan unggul cukup signifikan. Sehingga terciptalah Haris-Wan Bermadah Jilid II yang memimpin hingga saat ini.

WAN Zuhendra. (ist)

Jadi apabila dikalkulasikan Sampat saat ini telah ada ada lima nama yang memimpin Anambas sebagai kepala daerah yakni Tengku Mukhtaruddin, Yusrizal, Eko Sumbaryadi, dan H. Abdul Haris, SH, MH. Untuk nama wakil Bupati  hingga saat ini hanya ada nama Abdul Haris, SH serta Wan Zuhendra.

Tentunya menjelang Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas yang telah memasuki usia remaja, tantangan dalam pembangunan semakin deras. Dan diharapkan kabupaten yang sedang masa menjelang dewasa mampu menjadi daerah yang memiliki daya saing dan siang menjadi daerah yang sejajar dengan Kabupaten lain yang telah lama jadi.

Selamat Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas yang ke 16 Tahun. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar