BATAM

Masakan Melayu Lendot Disajikan Pada Pesta Rakyat 4 Tahun Rudi-Amsakar

Warga Batam tengah menikmati masakan khas Melayu Lendot

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Masakan khas melayu yang melegenda lendot. Lendot disajikan untuk warga Kota yang datang pada acara Pesta Rakyat 4 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhamad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, bertempat di Museum Batam Raja Ali Haji, Dataran Engku Putri, Batam Centre, Sabtu (14/3). 

Warga berbaris untuk merasakan kenikmatan semangkuk lendot. Anak-anak, dewasa, semua merasakan kenikmatan lendot. Masakan khas melayu ini berbahan dasar sayur kangkung yang bisa dikombinasikan dengan daun katu, pakis.

Selain itu dicampur dengan aneka seafood seperti udang, sotong, kerang. Perbedaanya terletak pada kuahnya. Kuah lendot tidak cair, tetapi memiliki tekstur lendir.

Lendir ini merupakan bahan olahan dari sagu yang telah dihaluskan menjadi tepung. Menikmati sayuran dengan kuah yang lendir seperti ini menghadirkan sensasi tersendiri. Rasanya pun sungguh memikat. Campuran udang dan teri di dalamnya semakin menambah selera. Terlebih lagi dengan tambahan bumbu cabai sebagai pembentuk rasa pedas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengatakan hadirnya lendot di 4 tahun Kepemimpinan Wali Kota Batam, Muhamad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad untuk memperkenalkan salah satu masakan khas melayu.

Mempertahankan nilai budaya melayu, sebagaimana tertuang dalam peraturan daerah kota batam nomor 1 tahun 2018 tentang pemajuan kebudayaan melayu, pasal 30 ayat 3, 4, dan 5 tentang hidangan makanan khas melayu. 

"Hari ini masyarakat Batam merasakan sedapnya makanan melayu, sehingga makanan ini makin dikenal dan disukai masyarakat Batam," katanya. 

Ia menyampaikan pengelola hotel dianjurkan menghidangkan makanan khas melayu lendot kepada para tamu. Sehingga wisatawan baik domestik dan mancanegara akan merasakan lezatnya lendot. Dan pemerintah daerah wajib menghidangkan makanan khas melayu pada peringatan hari jadi daerah, ulang tahun dprd dan hari besar nasional. 

"Lendot sangat lezat, perpaduan rasa didalamnya sangat nikmat dan segar, semua kalangan suka lendot," ucapnya.(tm/r)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar