Asman Abnur Diberi Jabatan Waketum PAN

Dr Asman Abnur SE Msi

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang juga merupakan politisi asal Kepri, Asman Abnur ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum PAN periode 2020-2025.

Hal itu diungkapkan oleh politikus PAN Yandri Susanto. Dia memastikan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM tentang kepengurusan PAN 2020-2025 sudah terbit. Namun dia tidak menyampaikan nomor SK-nya.

“Yang jelas SK Kumham sudah keluar. Jadi hasil kongres di Kendari sudah sah, tidak ada lagi perdebatan. Soal siapa yang jadi pengurus dan posisinya apa, ya, secara global sudah disampaikan oleh Bang Zul (Ketum PAN terpilih Zulkifli Hasan). Ketua MPP Pak Hatta, Ketua Dewan Kehormatan, yang sebelumnya Pak Amien, sekarang diduduki oleh Mas Tris,” kata Yandri di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Yandri juga mengungkapkan sejumlah kader yang menduduki jabatan waketum dan ketua bidang. Dia mengaku juga ditunjuk sebagai waketum.

“Kemudian para waketum ada Pak Asman, ada saya, ada Mas Nasrullah, dan sebagainya. Sekjen tetap Pak Eddy Soeparno. Para ketua ada Bang Darlis (Darlis Pattalongi), yang sebelumnya Ketua Kalimantan Timur, ada Bang Yahdil (Yahdil Abdi) mantan Ketua BM PAN, ada banyaklah,” terang Yandri.

Namun Yandri tidak bersedia mengungkapkan posisi kader dari kubu ‘seberang’, termasuk Amien Rais. Dia hanya menegaskan Amien Rais merupakan tokoh sentral di partai berlambang matahari putih itu.

“Nanti secara lengkap tentu Bang Zul akan mengumumkan secara lengkapnya. Itu tadi yang sebagian saya sebutkan,” tutur Yandri. Ia menjawab pertanyaan posisi Amien Rais dan Hanafi Rais.

“Tunggu Bang Zul sajalah. Tapi kalau Pak Amien, pasti. Dia kan pendiri partai, tokoh sentral. Jadi dari segi substansi, Pak Amien tidak bisa digantikan. Dia faktor penting di partai,” imbuhnya.

Pelantikan pengurus PAN periode 2020-2025 akan digelar pada 25 Maret mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga diundang menghadiri acara tersebut.

Diberitakan sebelumnya, loyalis Amien Rais, Muhammad Asri Anas, geram atas keputusan Ketum PAN terpilih Zulkifli Hasan (Zulhas) yang menunjuk Soetrisno Bachir sebagai Ketua Dewan Kehormatan (Wanhor) PAN. Dalam struktur PAN 2015-2020, Amien Rais menduduki jabatan Ketua Wanhor. Kini, menurut Asri Anas, nama Amien Rais tidak ada dalam struktur PAN.

“Nggak ada sama sekali (nama Amien Rais di struktur pengurus PAN). Posisi dia sebagai Dewan Kehormatan selama ini diambil oleh Mas Soetrisno Bachir. Karena Zulkifli Hasan menganggap Pak Amien Rais sebagai penghalang,” ucap Asri Anas kepada wartawan, Rabu (11/3).

“Tentu itu sangat tidak etis. Pak Zul ini sudah banyak dinikmati dari partai ini. Pak Amien berdarah-darah membangun partai ini,” imbuh dia. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar