Apdesi Karimun Dikukuhkan, Berharap Kepdes Memajukan Pembangunan Desanya

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghadiri pengukuhan Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Kabupaten Karimun, Masa Bhkati 2024- 2029, di Halaman Kantor Dinas Bupati Karimun, Sabtu (12/1) diskominfo kepri

TRANSKEPRI.COM.KARIMUN - Gubernur Kepri Ansar Ahmad  menghadiri pengukuhan Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Kabupaten Karimun Masa Bhkati 2024- 2029, di Halaman Kantor Dinas Bupati Karimun, Sabtu (12/1).

Pengukuhan  Apdesi juga disejalankan dengan Pencanangan Penilaian Kinerja Pemerintah Desa di Kabupaten Karimun, sekaligus penandatanganan prasati pembangunan yang dilakukan oleh Gubernur Kepri  Ansar Ahmad dan juga Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Hadir pada kegiatan tersebut, Waka I DPRD Provinsi Kepri Rizky Faisal, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, FKPD Kabupaten Karimun, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan para hadirin yang datang memenuhi pelantikan  kepala desa.

Gubernur Ansar dalam sambutannya mengatakan, pemerintah desa sangat berperan penting dalam pertumbuhan pembangunan. Karena keberhasilan pembangunan, salah satunya ketika desa- desa  terlihat banyak perubahan.  

Apalagi dikatakan Gubernur Ansar, tujuan asosiasi Apdesi sendiri dalam rangka mendorong  pembangunan infrastruktur seperti jalan, listrik, air bersih, guna meningkatkan aksesibilitas dan kualitas hidup masyarakat desa.  

"Dengan demikian, akan terwujud pembangunan desa desa yang mandiri, sebagai wujud pembangunan berkeadilan di Indonesia, " jelas Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar berpesan agar Apdesi kedepan,  juga mesti fokus pada pengembangan berbagai potensi ekonomi yang ada di desanya masing- masing. Termasuk potensi potensi lain yang ada seperti pariwisata, pertanian dan lainya. Sehingga akan terwujud desa yang berswadaya, jelasnya.

Masih menurut Ansar, mengacu Nawa Cita cita Presiden RI Joko Widodo kalau peran desa saat ini terus di dorong luar biasa,  guna mengejar pemerataan  pembangunan Indonesia, yang dimulai dari pinggiran dalam hal ini desa desa di Indonesia.

Terlebih, pembangunan desa merupakan tulang punggung pembangunan nasional. Mengingat sebagian  besar penduduk Indonesia tinggal dan hidup di desa. Dan mereka sebagain besar  menggantungkan hidup dari sektor pertanian dan juga perkebunan, tambah Ansar.

"Karenanya, setiap berbagai pembangunan di desa,  satu sisi akan mendukung pertumbuhan ekonomi  bagi  desa itu sendiri, yang mana muaranya akan bisa mengurangi kesenjangan antara desa dan kota, " jelas Gubernur.

Tak lupa Ansar juga berharap, kepala desa terus meningkatkan kemampuan dan kompetesinya dalam memajukan desa. Karena hanya dengan kemampuan tersebut, setiap kepala desa, akan berhasil menyulap kemajuan bagi desanya.

Adapun Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan ucapan singkat yang diawali dengan ucapan selamat atas pelantikan, dan tetap semangat dalam mengawal pembangunan.  Sehingga outputnya, desa desa di Karimun kedepan makin maju, makin sejahtera seluruh masyarakatnya.

Sebelum mengukuhkan Apdesi, Gubernur Ansar berkesempatan mengikuti jalan santai yang di selenggarakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Karimun, yang dikuti seluruh tenaga pendidik dan kependidikan se Kabuapaten Karimun yang  dipusatkan  di Coastal Area. (advertorial)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar