Pemko Batam Berupaya Tekan Harga Cabai Jelang Tahun Baru

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi Daerah, Minggu ke-3 Desember 2023, bersama Kementerian Dalam Negeri RI secara virtual, Rabu (27/12) diskominfo batam

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Usai Perayaan Natal dan jelang Tahun Baru 2023, Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Batam sekaligus Sekretaris Daerah Kota Batam, jefridin, mengikuti jalannya Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi Daerah Minggu ke-3 Desember 2023, bersama Kementerian Dalam Negeri RI secara virtual, dari ruang rapat Embung Fatimah Lantai IV, Rabu (27/12/2023).  

Usai rapat, Jefridin menyampaikan bahwa secara nasional penyebab inflasi terbesar dibeberapa daerah di Indonesia disebabkan oleh komoditi cabai. Berdasarkan historis data, secara nasional selama tiga tahun terakhir selalu terjadi inflasi pada komoditi cabai merah di Bulan Desember. 

"Secara nasional cabai merah rata-rata pada minggu ketiga Bulan Desember 2023, berada pada harga Rp 61.820 perkilogramnya. Sedangkan cabai rawit naik sebesar 14,79 persen dibandingkan dengan Bulan November 2023," jelas Jefridin menyampaikan hasil Rakor Inflasi Nasional.

Sedangkan untuk harga bawang merah pada minggu ketiga bulan Desember 2023, Jefridin menyampaikan mengalami kenaikan dibanding Bulan November 2023 sebesar 13,96 persen. Dan untuk harga telur ayam ras pada minggu ketiga Bulan Desember 2023, juga mengalami kenaikan harga sebesar 0,88 persen dibandingkan Bulan November 2023.

"Sebagai respons akibat lonjakan harga cabai dibeberapa wilayah di Indonesia tersebut, Pemerintah Pusat mengajak Kepala Daerah untuk melaksanakan Gerakan Menanam Tanaman Cabai. Dan kita juga pasti akan mendukung penuh gerakan ini," ucapnya.

Jelasnya, Pemko Batam akan mendukung penuh Gerakan Menanam Tanaman Cabai melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam. Jefridin berharap, dukungan yang diberikan dapat terealisasi dalam waktu dekat dan berjalan secara konsisten serta berkesinambungan.

"Sebelumnya gerakan menanam cabai ini sudah pernah kita lakukan. Selanjutnya, bagaimana program ini dapat terus berjalan secara konsisten dan dapat menekan angka inflasi terutama dari komoditi cabai," jelas Jefridin.

Jefridin menyampaikan bahwa Pemko Batam juga terus melakukan berbagai upaya guna menekan inflasi. Diantaranya dengan menggelar Operasi Pasar Murah, Penyaluran Sembako Bersubsidi, Bantuan Cadangan Beras Pemerintah dan sebagainya.(rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar