Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Dilantik Pagi Ini di Istana Negara

Jenderal TNI Agus Subiyanto. (net)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Pelantikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto digelar di Istana Negara, Jakarta hari ini. Presiden Joko Widodo akan memimpin langsung pelantikan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan dimulai 08.30 WIB. Pelantikan dilakukan dengan pembacaan surat keputusan presiden dan pengambilan sumpah jabatan.

"Rencananya besok pagi [red: hari ini], Bapak Presiden dijadwalkan akan melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI," ucap Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat, Selasa (21/11).

Ari mengatakan pelantikan panglima TNI tidak akan dibarengi pelantikan pejabat lain. Jokowi akan terbang ke Papua setelah pelantikan.

Agus Subiyanto akan menjadi panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023.

Agus adalah jebolan Akademi Militer tahun 1991 dari satuan infanteri. Selama kariernya, Agus banyak bekerja sama dengan Jokowi.

Dia memimpin Kodim 0735/Surakarta pada 2009. Saat itu, Jokowi masih berstatus Wali Kota Solo.

Agus pun pernah menjadi Danrem 061/Suryakencana (Bogor) saat Jokowi menjadi presiden. Lalu Jokowi menunjuk Agus sebagai Komandan Paspampres pada 2020-2021.

Setelah dari Paspampres, Agus dipercaya menjabat Pangdam III/Siliwangi pada Agustus 2021. Dia juga pernah menjabat Wakil Kepala Staf Angkatan Darat pada awal 2022.

Pada 27 Oktober 2023, Jokowi mengangkat Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat, menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan pensiun.

Sepekan setelahnya, Jokowi mengajukan Agus Subiyanto sebagai calon tunggal panglima TNI ke DPR. Kemarin, DPR menyetujui usul tersebut melalui rapat paripurna. (cnni)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar