Ternyata Pulau Maldives nan Indah, 100 Persen Warganya Islam

Salah satu wisata laut di Maldives

TRANSKEPRI.COM.BATAM-  Siapa yang tidak mengenal negara yang satu ini? Maldives menjadi buruan utama bagi traveler yang menyukai pantai. Pasir pantai yang putih dan lautnya yang biru membuat Maldives memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tahukah kamu, ternyata negara indah ini memiliki penduduk yang 100 persen merupakan pemeluk agama Islam?

Agama Islam memang mengakar sangat kuat di negara kepulauan terkecil di dunia ini. Dengan jumlah penduduk sekitar 400.000 jiwa, pemerintah Maldives mewajibkan warga negaranya untuk menganut agama Islam. Islam mulai tumbuh di Maldives sekitar abad ke-12, tepatnya pada tahun 1152 dan seluruh penduduknya merupakan penganut Islam Sunni.

Bahkan, pemerintah menyebutkan bahwa warga nonmuslim tidak memiliki hak pilih dalam pemilu setempat. Hal ini terangkum dalam undang-undang tahun 1997 tentang aturan pelaksanaan pemilu di Maldives yang menyebutkan bahwa hanya warga beragama Islam yang memiliki hak pilih. Aturan ini bertujuan untuk melestarikan sistem pemerintahan yang bercirikan Islam di Maldives.

Negara yang dikenal dengan nama lain Maladewa ini mendeklarasikan diri sebagai satu-satunya negara di dunia yang berpenduduk 100 persen muslim setelah mendapat kemerdekaannya dari kerajaan Inggris pada 26 Juli 1965.

Pelaksanaan syariah atau hukum Islam di negara ini juga sangat kental bahkan sampai ke pulau wisatanya. Pada saat waktu salat tiba, toko-toko akan tutup selama 15 menit sebelum kemudian dibuka kembali.

Pemerintah Maldives sangat menjaga secara ketat keutuhan paham Islam dan mencegah adanya paham radikal yang masuk ke sana. Oleh karenanya, jika terdapat tokoh muslim yang ingin mengadakan pengajian harus mendapat persetujuan resmi dari pemerintah.

Menariknya, meski Maldives merupakan negara Islam, warga lokal cukup toleran kepada para pendatang dan turis yang berbeda keyakinan. Hal ini karena mereka sadar bahwa manusia diciptakan dari perbedaan, baik perbedaan suku, ras, bangsa, hingga agama.

Bagaimana? Semakin penasaran untuk mengunjungi Maldives? (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar