Kemendagri Terapkan Dukcapil Go Digital

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh

 

TRANSKEPRi.COM.JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) telah menerapkan Dukcapil Go Digital untuk mempercepat pelayanan administrasi kependudukan.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Dukcapil Go Digital melakukan pelayanan berupa tanda tangan elektronik dari kepala dinas untuk akta lahir dan kartu keluarga (KK).

"Dukcapil Go Digital merupakan awal transformasi di bidang Adminduk yaitu dengan diterbitkannya KK dan akta kelahiran yang semula ditandatangani dan distempel basah oleh Kepala Dinas, sekarang telah ditandatangani secara elektronik (TTE), sehingga pelayanan lebih cepat," ujar Zudan dikutip dari siaran pers, Minggu (1/3/2020).

Zudan mengatakan, tanda tangan elektronik itu bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Hal tersebut pun akan mempercepat proses pembuatan administrasi kependudukan.

"Dalam hal pelayanan publik, reformasi digital berarti memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi masyarakat yang mengurus berbagai keperluannya," kata dia.

Saat ini, Kemendagri juga melakukan jemput bola kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan adminiatrasi kependudukan.(007)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar