Kepala BP2MI Kunjungi Selter Romo Paschal, Beri Dukungan Lawan Sindikat

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani saat mengunjungi selter Romo Paschal, Rabu (30/03/23). (transkepri.com/adri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Pegiat sosial, aktivis kemanusiaan yang juga Ketua Komisi Keadilan Perdamaian dan Pastoral Migran Perantau Keuskupan Pangkalpinang, Chrisanctus Paschalis Saturnus mendapat perhatian tersendiri bagi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Bukan tanpa lasan, tapi sosok yang satu ini dinilai mendedikasikan diri untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Kerja-kerja beliau untuk membela Pekerja Migran Indonesia sangat terasa dan sesuai fakta. Harus kita apresiasi. Spirit tersebut sejalan dengan perjuangan kami di BP2MI. Saya hadir di Selter Romo Paschal sebagai bentuk dukungan atas perjuangan kemanusiaan yang dilakukan selama ini," ujar Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, pada Kamis (30/03).

Menurut Benny, makin banyak pihak yang peduli dan mengadvokasi PMI akan membantu pemerintah dalam upaya mencegah anak-anak bangsa dari kejahatan kemanusiaan. Karena praktek perdagangan manusia yang marak memerlukan campur tangan semua pihak. Benny menyebut konsolidasi untuk melawan sindikat perlu terus dikuatkan.

"Sebagai pemerintah tentu kita bersyukur ada pihak, tokoh masyarakat, pihak-pihak yang peduli terhadap nasib PMI. Termasuk Lembaga yang saya pimpin ini memerlukan sekutu. Bagaimana kita intens mengencangkan konsolidasi dengan masyarakat sipil dalam memerangi sindikat penempatan ilegal PMI. Kerja ekstra yang saya pimpin untuk menghentikan praktek perdagangan manusia juga memerlukan dukungan eksternal, termasuk dari Romo Paschal," ucap Benny.

Politisi partai Hanura itu menilai human trafficking adalah kejahatan kemanusian dan para pelakunya harus dijadikan musuh negara.

"Ya kita harus lawan bersama kejahatan ini, karena ini termasuk kejahatan yang luar biasa," kata Benny.

Sementara, Ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian Pastoral Migran dan Perantau (KKPPMP) Keuskupan Pangkalpinang, Romo Paschal menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kunjungan Kepala BP2MI. Romo Paschal juga  menilai, PMI yang diberangkatkan secara non prosedural (Ilegal) merusak citra pemerintah.

"Mencegah penempatan ilegal PMI bukan hal mudah. Tapi, bagi saya serumit apapun itu sindikat harus kita berantas. Kita boleh ada kejahatan manusia terhadap manusia lainnya di muka bumi ini. Atas nama nilai-nilai kemanusiaan, saya tergerak untuk melawan sindikat. Praktek kejahatan kemanusiaan harus dihentikan," ujar Romo Paschal.


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar