TNI AL dan BI Distribusikan Uang Rp12 Miliar Ke Wilayah Kepri

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, melepas keberangkatan pelayaran KRI Pattimura 371 bersama Kepala BI Kepulauan Riau Suryono.(Dispen Lantamal IV Batam).

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, melepas keberangkatan pelayaran KRI Pattimura 371 bersama Kepala BI Kepulauan Riau Suryono.

Keberangkatan juga dihadiri langsung oleh kepala daerah, legislatif, dan unsur pimpinan daerah lainnya pada (04/03),  di Pelabuhan Umum Bintang 99 Batu Ampar, Kota Batam.

Hal ini merupak wujud kontribusi nyata pada perekonomian nasional dan upaya menjaga kedaulatan NKRI, TNI Angkatan Laut melalui KRI Pattimura 371 unsur Koarmada I, bersinergi dengan Bank Indonesia dalam pendistribusian uang senilai 12 miliar layak edar ke wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).

Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani mengatakan, kita akan melihat dua dimensi seperti dua sisi mata uang antara kedaulatan dan kesejahteraan yang tidak terpisahkan. TNI Angkatan Laut menjaga kedaulatan tidak ada gunanya jika di perbatasan itu tidak ada kesejahteraan. Karena,  kesejahteraan rakyat yang terganggu maka cepat atau lambat pasti akan mengancam kedaulatan.

"Karena itu, kegiatan ini juga sebagai simbol hadirnya Negara di daerah perbatasan sehingga masyarkat tetap merasa menjadi bagian tidak terpisahkan dari NKRI," ujar Kemas M Ikhwan Madani, Minggu (05/03).

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini Bank Indonesia (BI) didukung kekuatan armada TNI AL yang mampu menjangkau seluruh pelosok tanah air, dan pada tahun ini operasi tersebut akan mengunjungi 5  pulau, yaitu Tarempa (Kab. Kep. Anambas), Midai dan Subi Besar (Kab. Natuna), Tambelan Besar (Kab. Bintan), serta Singkep (Kab. Lingga). 

"Oleh karena itu TNI Angkatan Laut dalam hal ini membuka diri, kita tidak terbatas hanya bersinergi dengan Bank Indonesia saja melainkan institusi atau lembaga-lembaga lain seharusnya juga punya rasa  tanggung jawab bersama bahwa persoalan kedaulatan dan kesejahteraan di wilayah perbatasan itu adalah tugas kita bersama" ucap Kemas M Ikhwan Madani.

Ia juga menjelaskan, kegiatan saling sinergi antara TNI AL dan Bank Indonesia (BI) sendiri sudah berjalan sejak 2011 dengan mengusung tema "Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023".

"Periode tahun ini ekspedisi dimulai sejak tanggal (04/03) sampai dengan (10/03)," jelasnya. (adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar