Jalan Depan Golden Prawn Dilebarkan Tahun Ini

Walikota Batam H.M Rudi Menghadiri Musrenbang Bengkong Laut, Bengkong, Jumat (20/1) foto diskominfo batam

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Walikota Batam Muhammad  Rudi menghadiri musrenbang Kelurahan Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, di Restoran Golden Prawn, Jumat (20/1/2023).  Dia memastikan titik jalan yang menjadi sumber kemacetan di depan Golden Prawn, akan segera dilebarkan tahun ini, sehingga dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi.

Kepastian pelebaran ruas jalan dari jembatan Golden Prawn ke ruas jalan depan Masjid Istiqomah ini disampaikan langsung Rudi di hadapan warga yang mengikuti musrenbang. Dia pun meminta izin dan mohon maaf jika aktivitas dan kenyamanan warga berkendara akan terganggu selama pengerjaan pelebaran jalan tersebut.

"Jalan yang selalu macet ini akan diperlebar tahun ini juga. Mulai dari Jembatan Golden Prawn sampai depan Masjid Istiqomah dulu. Nantinya akan dilebarkan jadi dua jalur dengan tiap jalur memiliki dua lajur," ungkap Rudi disambut tepuk tangan dan sahutan gembira warga.

Untuk diketahui ruas jalan depan Golden Prawn terutama perempatan Bengkong Laut dan Tanjung Buntung selalu macet saat jam sibuk waktu pagi dan sore. Kemacetan paling parah terjadi pada hari libur terutama setiap akhir pekan.

Wali kota berharap dengan pembangunan yang dilakukan di Kecamatan Bengkong, dapat merubah wajah kawasan tersebut menjadi kecamatan kota baru yang indah dan nyaman. "Dengan wajah kota yang baru, pola pikir juga harus baru yakni pola pikir untuk memajukan pembangunan Kota Batam," ajaknya disambut tepuk tangan tanda setuju dari ratusan warga yang hadir.

Kehadiran Rudi dalam musrenbang kali ini juga berbeda dari sebelumnya. Selain ikut dihadiri Wakil Gubernur Kepri, dia juga tidak langsung memberikan pengarahan setelah pidato pembukaan dari Lurah.

Walikota Rudi malah mempersilakan Lurah Bengkong Laut Anugrah Hidayat langsung memimpin pembahasan. Diapun menyimak usulan pembangunan yang disampaikan diantaranya; pembangunan ruang kelas sekolah, pembangunan batu miring, penyediaan lampu jalan, drainase, semenisasi jalan dan toilet sekolah.

Usulan-usulan itu ditanggapi langsung kepala OPD yang hadir. Namun usulan terkait pembangunan batu miring di Bengkong Mahkota menarik perhatian Wali kota. Rudipun menanyakan detil lokasi dan kepemilikan lahannya serta memerintahkan agar dilakukan pertemuan lanjutan kepada Kepala Dinas Tata Ruang.

Selain jalan utama, tegas Rudi, dia juga menginginkan jalan di lingkungan warga juga dilakukan peningkatan. Dengan demikian, slogan Batam Kota Baru bukan hanya di pusat kota tetapi juga di seluruh pemukiman warga.

"Tahun ini juga dari Pelabuhan Batu Ampar melewati Bandara hingga ke Nongsa dibangun lima lajur kiri dan lima lajur kanan," ujarnya.

Sementara itu anggota DPRD Kota Batam Udin Sihaloho memberikan apresiasi atas respon Wali kota Muhammad Rudi terhadap usulan warga. Dia juga mengapresiasi tinggi pembangunan Kota Batam yang dilakukan Wali kota sekaligus selaku Kepala BP Batam tersebut.

Apresiasi sama juga disampaikan anggota DPRD Kota Batam Rubina Situmorang. Bahkan dia menawarkan kepada warga yang usulannya tidak terakomodir di musrenbang dapat mengusulkan kepadanya untuk dipertimbangkan diakomodir melalui Pokir anggota DPRD.

"Seperti program untuk ibu-ibu. Saya juga perempuan dan sangat mengerti ibu-ibu juga pasti punya usulan. Nanti bisa disampaikan langsung atau melalui RT/RW," sebutnya.

Sebelumnya Lurah Bengkong Laut Anugrah Hidayat memaparkan usulan pembangunan dari warganya. Selain diusulkan dalam bentuk PSPK (pembangunan sarana dan prasarana kelurahan), juga diusulkan dalam bentuk non-PSPK agar dapat diakomodir di anggaran OPD (organisasi perangkat daerah. (rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar