Menteri PUPR Puji Jalan Tol Dumai-Pekanbaru


 

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengapresiasi kualitas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Dumai (Jalan Tol Permai). Sebab IRI Jalan Tol Permai berada di angka 1,8 m/km.

"Kualitas pekerjaan HKI (PT Hutama Karya Infrastruktur) di jalan tol ini bagus, saya yakin hasil tes IRI (International Roughness Index)-nya bagus. Saya yakin skor tes IRI-nya di bawah 2 ini," kata Basuki dalam keterangannya, Kamis (20/2/2020)


Hal ini diungkapkannya di sela-sela kunjungan Basuki di proyek Jalan Tol Permai pada Kamis (20/2/2020). Basuki juga menyampaikan jika kualitas jalan tol yang dibangun HKI ke arah Dumai semakin bagus.

Tes IRI atau International Roughness Index merupakan parameter yang mengukur tingkat kerataan jalan. Kerataan menjadi salah satu hal yang diukur untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol sesuai dengan Peraturan Menteri PU No. 392/PRT/M/2005. Dalam peraturan tersebut minimum skor tes IRI haruslah kurang dari atau sama dengan 4 m/km.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Operasi II HKI, I Wayan Mandia membenarkan dugaan Basuki. Ia mengatakan IRI Jalan Tol Permai berada di angka 1,8 m/km. "Betul pak, tepatnya di angka 1,8," ungkap Wayan.(007)

 

 

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar