Dinas Perikanan Lingga Adakan Pelatihan Bagi Nelayan


TRANSKEPRI.COM.LINGGA-  Pemerintahan Desa Persing, Kecamatan Singkep Pesisir menggelar kegiatan pelatihan kepada warga yang berprofesi  sebagai pekerja nelayan kelong api ikan tri. Pelatihan menghadirkan narasumber dari Dinas Perikanan Kabupaten Lingga.

Kepala Desa (Kades) Persing, Kecamatan Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, Bustami mengatakan, kegiatan pelatihan dilaksanakan hari ini Selasa 6 Desember 2022 pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai bertempat Gedung serbaguna Desa Persing, diikuti sebanyak 2 (dua) kelompok nelayan kelong api dengan jumlah peserta sebanyak 32 Orang.

"Untuk peserta pelatihan dari 2 (dua) kelompok sesuai data yang dimiliki pemerintah desa, khusus sebagai nelayan kelong api semuanya warga desa persing ada 32 orang, dan alhamdulilah pada kegiatan yang kita laksanakan hari ini, hadir semua", ujar Kades Persing Bustami. Selasa 6 Desember 2022.

Dari 32 Orang warga yang tergabung dalam 2 (dua) kelompok kelong api tersebut, untuk tahun 2022 ini baru bisa kita serahkan bantuan berupa beberapa alat kebutuhan perlengkapan Kelong api bersumber dari anggaran desa khususnya di pos anggaran bidang pemberdayaan masyarakat kepada 23 orang nelayan, dan insya allah untuk 9 orang dari dua kelompok nelayan kelong api yang belum dapat ditahun ini akan di anggarkan lagi  pada anggaran pemberdayaan di tahun 2023 nanti.

"Tidak hanya warga masyarakat kelompok kelong api saja, namun kegiatan pelatihan seperti ini akan kita laksanakan juga juga kepada warga masyarakat desa persing yang keseharian nya berprofesi sebagai kelompok nelayan jaring. Dan kegiatan pelatihan untuk warga masyarakat kelompok nelayan jaring akan dilaksanakan pada Kamis besok tepatnya 8 Desember 2022", ungkap Bustami.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan kelompok kelong api dihadiri yang kita gelar dihadiri bapak tenaga ahli dari kabupaten, bapak Basarudin dinas perikanan Kabupaten Lingga, bapak Said Syahfela selaku Kepala seksi pemerintahan (Kasipem) Kecamatan Singkep Pesisir, bapak Elsih selaku pendamping lokal desa, bapak Amran selaku Ketua BPD Desa Persing, bapak Alkizam selaku Wakil Ketua BPD Desa Persing, dan warga yang tergabung dalam 2 (dua) kelompok nelayan kelong api, dan saya sendiri selaku Kades", ujar Bustami.

"Adapun materi pembahasan yang disampaikan dalam pelatihan mengenai anggaran desa khususnya bidang pemberdayaan agar tepat guna, dengan harapan kepada kelompok nelayan kelong api benar-benar merasa terbantu dengan adanya program bidang pertahanan sandang dan pangan ini, dan jenis bantuan yang anggarkan berupa wadah untuk merebus ikan tri dan peralatan dapur lainnya", pungkas Bustami.(hrk)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar