Indonesia Tingkatkan Ekspor Mamin

Sekjen Kemendag Oke Nurwan

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Indonesia terus menyasar peluang ekspor makanan dan minuman (mamin) ke berbagai negara, salah satunya adalah Hongaria.

Berpartisipasi dalam pameran makanan dan minuman Internasional, Sirha Budapest 2020, Indonesia berhasil mencatatkan transaksi potensial sebesar US$ 3,50 Juta.


Acara yang digelar pada 4-6 Februari yang lalu ini merupakan kerja sama Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest dengan KBRI Budapest. Sirha Budapest 2020 merupakan acara bertaraf internasional dan sangat bergengsi di Hongaria untuk pasar Eropa Tengah dan Timur (ETT).
Pameran yang berlangsung dua tahun sekali ini diikuti lebih dari 300 perusahaan yang bergerak di bidang industri mamin, horeka (hotel, restoran, dan katering), gastronomi, dan industri pengemasan. Pesertanya, 30 persen dari perusahaan- perusahaan besar di luar Hongaria dan 70 persen dari Hongaria.

Kepala ITPC Budapest Addy Perdana mengatakan pameran ini dilakukan sebagai ajang promosi mengenalkan aneka produk mamin unggulan Indonesia ke pasar ETT. Melalui pameran ini buyer asing dan pengunjung diharapkan akan semakin mengenal produk Indonesia dan ingin berbisnis langsung dengan perusahaan Indonesia.

"Selain itu, para pengunjung juga mendapatkan informasi untuk dapat memasukkan produk-produk mamin Indonesia yang bercita rasa autentik ke negara- negara tempat mereka berasal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (16/2/2020).


Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menegaskan partisipasi Indonesia pada pameran seperti ini di luar negeri merupakan strategi promosi dagang yang harus dilakukan Atase Perdagangan dan ITPC untuk membuka peluang pasar ekspor.

"Pasar ekspor seperti produk mamin Indonesia untuk mensuplai bahan baku industri mamin ke pasar Hongaria dan negara ETT, serta negara-negara lain di dunia. Untuk itu, partisipasi dalam pameran ini perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin memperoleh buyers aktual maupun potensial guna meningkatkan ekspor mamin Indonesia," tegasnya.

Hongaria merupakan mitra dagang yang sangat strategis bagi Indonesia. Periode Januari- September 2019, total perdagangan Indonesia - Hongaria mencapai senilai USD 120,97 juta. Nilai ini terdiri atas ekspor Indonesia ke Hongaria sebesar USD 57,10 juta atau naik 8,08 persen dibandingkan tahun sebelumnya.(007)

 

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar