Wow! Bappeda Siap Rilis SEPINTAS 19 Mei Mendatang

Aplikasi SEPINTAS

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Demi mewujudkan perencanaan pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas yang terintegrasi, berkesinambungan, dan smart,  Pemerintah Daerah melalui Bappeda saat ini sedang mengembangkan suatu inovasi Strategi Memantapkan Integrated and Smart Planning di Kabupaten Kepulauan Anambas (SEPINTAS), hal itu dijelaskan oleh Kepala Bappeda Adies Saputra, S.IP., M.Si usai mengikuti rapat koordinasi dan sosialisasi pemanfaatan aplikasi Sepintas bersama Bupati, Wakil Bupati dan sejumlah OPD pada Kamis, (12/5/2022) kemaren. 

Menurut Adies ada tiga target utama dari inovasi tersebut antara lain yakni,  Pertama, penghimpunan database dokumen perencanaan teknis seluruh OPD. Kedua, pembuatan tool atau aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Terintegrasi (Sepintas), dan Ketiga Penyusunan Peraturan Kepala Daerah dan Peraturan Daerah tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Terintegrasi. 

Lebih jauh Adies mengakui,  sejauh ini banyak dokumen teknis perencanaan yang disusun oleh suatu OPD tidak diketahui oleh OPD lain, sehingga pada implementasinya nanti kurang mendapat dukungan.

"Belum lagi pergantian Kepala OPD atau bahkan Kepala Daerah kadang mengakibatkan suatu rencana itu tidak dilanjutkan,"ujarnya. 

Nah tambah dia,  kalau sudah terhimpun dalam suatu database nanti akan lebih memudah menelaahnya. Selain itu aplikasi Sepintas ini juga nantinya memungkinkan masyarakat luas atau stakeholder terkait dapat mengetahui dengan lebih mudah perencanaan untuk Anambas 5-20 tahun kedepan itu seperti apa.
 Sehingga kalau ada hal yang kurang sesuai dapat direvisi sejak dini. 

Bahkan investor juga dapat melihat kemana arah pengembangan daerah ini, dan kontribusi apa yang bisa diberikan atau yang memiliki prospek secara ekonomi, jadi ya aplikasi ini semacam digital blue print nya Kep. Anambas.

"Sementara  penyusunan Perkada, atau Perda itu sangat diperlukan agar kesinambungan perencanaan pembangunan dapat terjadi. Ya, memang masing-masing Kepala Daerah terpilih punya konsep dan cara yang berbeda-beda dalam menjalan roda pemerintahan di Anambas, tapi diharapkan tidak keluar dari kerangka besar yang sudah direncanakan," jelasnya. 

Inovasi ini  sambung dia, ditargetkan akan launching pada Kamis, 19 Mei 2022 mendatang secara virtual.  Inovasi ini bagian dari Proyek Perubahan yang pengerjaannya tidak diserahkan kepada pihak ketiga, sehingga tidak ada penganggaran khusus, jadi ini dikerjakan oleh para pegawai Bappeda dibantu oleh beberapa Tenaga Ahli lokal, jadi murni ini karya anak-anak Anambas. 

"Inovasi ini mendapat dukungan dari stakeholder internal maupun eksternal, serta dari masyarakat. Supaya pembangunan Kep. Anambas kedepan lebih terintegrasi dan smart, yang tentu saja muaranya adalah untuk kemajuan Kab. Kep. Anambas," imbuhnya. (002/r)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar