Airlangga Larang Kader Golkar ke Luar Negeri, Ini Alasannya

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengingatkan agar anak buahnya di DPR untuk sementara waktu tidak bepergian ke luar negeri. Hal ini sebagai salah satu bentuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) varian Omicron di Indonesia.

Hal tersebut Airlangga sampaikan saat berpidato dalam acara Refleksi 2021-Proyeksi 2022, Forum Diskusi Nasional PPK Kosgoro 1957, Selasa (11/1) yang ditayangkan secara virtual.

"Saya ingatkan teman-teman yang sangat dekat dengan luar negeri, Komisi I dan BKSAP untuk menahan perjalanan dulu (ke luar negeri)," kata Airlangga.

Menurut dia, hal itu juga merupakan arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Menurut dia, saat ini banyak kasus virus corona varian Omicron di Indonesia akibat pelaku perjalanan luar negeri.

Sampai dengan Senin (10/1), jumlah kasus virus corona varian Omicron di Indonesia mencapai 414 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 114 dinyatakan telah sembuh."Arahan bapak presiden, di luar negeri sedang banyak penyakit, jangan kita datangi dan bawa pulang penyakit. Pesannya demikian," jelas Airlangga.

Sementara, Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan ada 407 kasus varian Omicron di Ibu Kota. Dari jumlah itu, 85 persen atau 350 kasus merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

Terkait kasus Omicron, pemerintah bakal mencatat secara terpisah data kasus yang berasal dari pelaku perjalanan luar negeri dengan transmisi lokal.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga meminta seluruh masyarakat dan pejabat negara tak berpergian keluar negeri setelah kasus varian Covid-19 Omicron terdeteksi di Indonesia. Jokowi ingin semua pihak waspada terhadap penyebaran varian baru tersebut.

"Saya minta seluruh warga dan pejabat negara untuk menahan diri tidak bepergian keluar negeri, paling tidak sampai situasi reda," kata Jokowi lewat Youtube Sekretariat Negara, Kamis (16/12). (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar