PIALA AFF 2021

Thailand Kandaskan Vietnam 2-0 di Semifinal Leg I

Vietnam kalah atas Thailand

TRANSKEPRI.COM.SINGAPORE-Thailand menang 2-0 atas Vietnam dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Kamis (23/12) malam.

Kedua kesebelasan tampil ngotot sejak wasit meniup peluit tanda kick off. Permainan terbuka diperagakan Thailand dan Vietnam. Anak asuh Park Hang Seo yang merupakan juara bertahan mencoba menggedor pertahanan tim yang merupakan pengoleksi gelar terbanyak di Piala AFF.

Alih-alih mencetak gol, Vietnam justru kebobolan. Thailand memanfaatkan situasi serangan balik dengan baik pada menit ke-14. Kesalahan Nguyen Phong Hong Duy mengantisipasi sodoran bola dari Thanawat Suengchitthawon kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh Chanathip Songkrasin.

Sebuah sepakan Songkrasin tak bisa diadang kiper Tran Nguyen Manh yang mencoba maju menutup pergerakan kapten Thailand itu.

Songkrasin mencetak gol kedua untuk Thailand pada menit ke-23. Songkrasin menuntaskan serangan yang dibangun dari sebuah kerja sama yang menawan dari pemain-pemain tim Gajah Perang.

Vietnam yang berupaya mencetak gol pertama memiliki peluang emas pada menit ke-34 melalui tendangan bebas Nguyen Quang Hai. Eksekusi kaki kiri Quang Hai membuat bola menerpa tiang gawang.

Opsi menyerang menjadi pilihan Vietnam ketika mengawali babak kedua. Nguyen Chong Puong dan kawan-kawan berusaha menembus pertahanan Thailand. Beberapa kali Vietnam masuk ke kotak penalti Thailand, namun penyelesaian akhir menjadi masalah skuad The Golden Star.

Thailand tak lantas bertahan. Theerathon Bunmathan cs tetap berupaya mencari gol ketiga, namun tanpa memaksa bermain terus menyerang dan memberi tekanan berlebih.

Pada menit ke-67 Quang Hai kembali gagal membobol gawang Thailand. Sepakannya dari luar kotak penalti hanya membuat bola mengenai mistar gawang.

Vietnam tak lelah mencari peluang yang dijawab dengan organisasi pertahanan rapi oleh Thailand.

Semenit berselang wasit menunjuk titik putih di kotak penalti Vietnam. Do Duy Manh dianggap melanggar Supachai Chaided. Songkrasin yang maju sebagai eksekutor gagal menuntaskan tugas. Bola yang ditendangnya mengarah ke tengah dan diblok Tran Nguyen Manh.Peluang Vietnam pada menit ke-80 yang berasal dari umpan Quang Hai gagal berbuah gol. Tembakan Phan Van Duc menempatkan bola tipis di sisi gawang Chatchai Budprom.

Skor 2-0 bertahan hingga laga bubar. Vietnam dan Thailand akan bertemu lagi pada leg kedua yang berlangsung Minggu (26/12).

Susunan pemain inti Vietnam vs Thailand:

Timnas Vietnam:
Tran Nguyen Manh; Do Duy Manh, Nguyen Thanh Chung, Wue Ngoc Hai; Nguyen Tuan Anh, Vu Vanh Thanh, Nguyen Phon Hong Duy, Nguyen Hoang Duc; Nguyen Chong Puong, Nguyen Quang Hai, Nguyen Van Toan

Timnas Thailand:
Chatchai Budprom; Manuel Bihr, Theerathon Bunmathan, Narubadin Weerawatnodom, Kritsada Kaman; Chanathip Songkrasin, Phitiwat Sukjitthammakul, Thanawat Suengchitthawon, Sarach Yooyen; Teerasil Dangda, Supachok Sarachart. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar